Studio Monitor Terbaik dan Termurah untuk Memulai Home Recording Studio



Dari beberapa benda yang saya masukkan kedalam daftar penting untuk memulai home recording, studio monitor merupakan salah satu elemen paling dasar dalam home recording studio. 

Hal ini dikarenakan, baik dalam studio professional ataupun studio rumahan studio monitor bisa dikatakan sebagai 


"The single most important tool for achieving great sound"

Itulah alasan mengapa studio professional, akan rela mengeluarkan dana hingga lebih dari $10.000 hanya untuk studio monitor.

Untuk anda yang akan baru akan memulai home recording, mungkin tidak akan mengeluarkan budget sebanyak itu untuk permulaan. Maka dari itu saya sudah membuat daftar studio monitor terbaik dengan harga yang relatif murah untuk anda memulai.

Tapi sebelum kita masuk ke dalam daftar nya, saya akan membuat batasan - batasan untuk daftar ini agar kriterianya tidak terlalu luas.

THE CRITERIA FOR THE  LIST

Ketika saya membuat daftar ini, saya menetapkan 3 guidelines untuk membantu saya menemukan studio monitor yang baik untuk anda memulai.

  1. Harga maksimal 4 Juta Rupiah. Menurut saya ini adalah budget yang bisa anda patok untuk mendapatkan studio monitor dengan kualitas yang bagus. Jadi dalam daftar ini saya akan mengurutkan nya mulai dari harga yang paling murah.
  2. One Brand = One Pick. Untuk mempermudah anda dalam memilih, saya hanya akan memasukkan satu model dari tiap merk. Saya juga sudah memilih merk - merk yang dapat anda temukan dengan mudah di Indonesia.
  3. Popularity. Semua model yang saya masukkan kedalam daftar sudah memiliki standar yang sangat baik untuk studio rekaman. Dan dengan semua model studio monitor di pasaran sudah bisa memproduksi suara yang ultra-flat, low end yang tight, mid yang fokus, serta detail high yang sangat baik, maka satu - satunya cara saya bisa membuat list ini dengan memperhitungkan popularitas dan reputasinya di pasaran Indonesia.
OK, mari kita mulai daftarnya...


1. Kurzweil KS40A - sekitar 1,5 juta
Pertama dalam daftar saya ada Kurzweil KS40A. Studio monitor keluaran kurzweil ini merupakan satu - satunya studio monitor berukuran 4 inchi yang masuk kedalam daftar. Namun jangan salah mengira, dengan ukuran speaker hanya 4 inchi karakter suara yang dihasilkan oleh studio monitor ini cukup baik. Anda dengan sangat mudah menemukan studio monitor ini pada studio kecil pada umumnya dan menjadi populer di kalangan sound engineer dengan budget minim.

Satu kekurangan dari Kurzweil KS40A adalah frequency response yang terlalu sempit untuk sebuah studio monitor, hanya 100 Hz - 10.000 kHz. Tapi karena sudah banyak orang yang menggunakan KS40A, dan menjadi populer, saya rasa Kurzweil KS40A layak untuk masuk kedalam daftar ini.


2. Samson Media One 5A - sekitar 2,1 juta
Samson Media One 5A, menawarkan studio monitor yang dapat anda gunakan sebagai speaker multimedia pada umumnya. Sangat tidak disarankan untuk mixing dengan menggunakan speaker multimedia yang dijual di pasaran. Namun Samson Media One 5A hadir untuk merubah persepsi tersebut. Dengan teknologi terbaru Samson Media One 5A mampu menghapuskan pembatas diantara dua jenis speaker tersebut.

Dari segi Sound, Samson Media One 5a, memberikan bass response yang tidak istimewa namun cukup smooth dan baik. Frequency response nya juga cukup baik dan cukup luas dengan clarity yang cukup baik pula.

Dengan harga sekitar 2,1 juta anda bisa mendapatkan Studio Monitor yang baik dan juga speaker multimedia secara bersamaan. Apabila komputer/laptop yang anda gunakan untuk recording/mixing juga anda gunakan untuk multimedia, Samson Media One 5A tentu saja akan menjadi pilihan terbaik bagi anda.


3. DS Acoustic DS5 - sekitar 1,5 juta
DS Acoustic DS5 merupakan studio monitor yang sering kali kita dengar akhir - akhir ini dan cepat sekali menjadi populer di kalangan sound engineer. DS acoustic menawarkan frequency response yang sangat menakjubkan untuk harga 1,5 juta, yaitu 56Hz - 20KHz. Suara yang di hasilkan pun sangat luar biasa, Low end empuk dan tidak menggulung, mid detail, dan high tidak menusuk di telinga. DS Acoustic DS5 juga mampu bersaing dengan studio monitor dengan harga 2, 3, 4 kali diatasnya. 

Bahkan menurut review om Bonard Alfin


"Better than my Yamaha HS50m IMHO"

Dengan dilapisi ornamen kayu, DS Acoustic terlihat sangat mewah dan elegan sekali. Best Studio Monitors for tight budget. Tidak ada yang mampu menandingi DS Acoustic DS5 dari segi harga dan performa yang diberikan sehingga wajib masuk ke dalam daftar saya ini.


4. M-Audio Studiophile AV40 - sekitar 2,1 juta


Produk yang satu ini mungkin cukup sulit anda dapatkan di Indonesia, namun merupakan salah satu yang terbaik di kelasnya saat ini. Dengan warna hitam yang elegan dan visual yang sangat futuristik, sebenarnya cabinetnya terbuat dari kayu dengan bass reflex design untuk memaksimalkan produksi bass pada speaker ini.

Fitur unggulan dari M-Audio Studiophile AV40 adalah bass yang sangat detail dan smooth. Low end yang di hasilkan studio monitor ini sangat nendang namun tidak berlebihan dan bleber. Apabila anda sering mixing musik dengan genre electronic, hip-hop, EDM M-Audio Studiophile AV40 ini sangat cocok untuk anda.


5. Yamaha HS5 3,5an


Yamaha HS5 merupakan salah satu studio monitor yang paling sering anda jumpai di studio rekaman. Hal ini di sebabkan clarity dan detail yang di berikan oleh Yamaha HS5 sangatlah istimewa. Salah satu studio monitor yang paling jujur yang ada di pasaran menurut saya. Tanpa coloring dan enhancement dari suara yang dikeluarkan dan suara yang sangat akurat.

Apabila mix anda terdengar baik pada HS5 otomatis akan terdengar luar biasa dimanapun.

Dengan size yang tidak terlalu besar, HS5 memberikan lebih dari yang biasa diberikan studio monitor berukuran 5 inch. frekuensi response yang diberikan HS5 sangatlah luas dengan built quality yang sangat baik. Yamaha HS5 akan menjadi teman terbaik anda selama anda belajar home recording, dan bahkan ketika anda telah menjadi profesional.



Apabila anda merasa artikel ini bermanfaat,
  • Jangan lupa untuk berbagi artikel ini, atau
  • Follow us on Social Media below....

Terima kasih...

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel