Optimasi Akustik Untuk Home Recording Studio


Jadi anda telah menginjakkan kaki di dunia recording, dan anda telah dipersenjatai dengan berbagai macam alat untuk menunjang anda, baik itu berupa microphone, studio monitor, audio interface, dan lain lain yang sudah anda susun dengan sangat baik di dalam home recording studio anda. 

Semua terlihat sangat baik, namun apakah semuanya akan terdengar baik.?

Tantangan terbesar bagi studio rekaman yang anda miliki dirumah adalah ruangan itu sendiri. Dimensi ruangan anda, finishing akhir pada ruangan, jarak plafon dengan lantai, konstruksi umum ruangan anda, semua hal ini akan memberikan lingkungan rekaman yang bervariasi, dan tentu saja akan berpengaruh pada hasil rekaman (input) dan hasil mix (outout) anda.

Apabila anda tidak memperhatikan akustik ruangan yang anda gunakan, kemungkinan anda akan lebih cepat menyerah pada dunia recording. Akustik ruangan yang buruk akan membuat sound anda terdengar kurang baik dan akan membuat anda malas untuk mempelajari hal baru. 

Namun jangan khawatir, saya sudah menuliskan beberapa artikel yang akan membantu memecahkan masalah anda.

Untuk mendapatkan akustik ruangan yang baik anda bisa saja membayar jasa untuk memasangnya untuk anda, namun tentu saja biaya yang akan anda keluarkan tidaklah sedikit.

Berikut ini merupakan tutorial singkat yang pernah ditulis oleh Jeremy Luscombe pada laman resonics.co.uk, untuk mendapatkan sedikit kesan profesional pada studio anda.



Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel