Quick Review Focusrite Scarlett Solo - USB Audio Interface Untuk Home Recording

Lagi.. Salah satu Brand favorit Distorsi untuk peralatan audio, Focusrite, mengeluarkan model lain untuk salah satu koleksi yang populer, Audio Inteface seri Scarlett.

Focusrite Scarlett Solo, yup.. Model Audio Interface USB ini merupakan adik dari Focusrite Scarlett 2i2. Soundcard External ini jauh lebih simple dalam fitur dan penggunaannya dibanding dengan Audio Interface lain yang ada di pasaran.

Di produk ini anda akan mendapati 1 buah XLR input dan 1 buah 1/4" input, sangat cukup sekali untuk anda yang merekam satu-persatu track (seperti yang biasa di lakukan di Studio Recording Standard), hingga untuk kamu soloist yang merekam sekaligus Vocal dan Satu buah instrument (seperti gitar atau intrument lainnya)

Scarlett Solo mempunyai output dengan jenis RCA, cocok untuk anda yang tidak membutuhan kabel panjang ke Speaker Monitor karna jenis output ini Unbalance, semakin panjang kabel yang digunakan maka semakin tinggi kemungkinan loss signal. Namun anda tidak perlu khawatir, hingga panjang kabel ke speaker 4 meter masih aman kok :)


Output yang lain adalah Headphone Out yang berada di depan agar lebih mudah diakses untuk menyolok jack headphone anda.



Kualitas Preamp? Tentu saja Focusrite tidak mau kehilangan pamor atas salah satu Brand terbaik dalam pembuatan Preamp Audio, di Scarlett Solo ini anda tetap mendapatkan Preamp yang sama dengan Audio Interface dari seri Scarlett Lainnya, yup! Anda akan mendapakan Preamp dengan kualitas yang sama dengan Focusrite Scarlett 18i20!

Fitur lainnya yaitu Power Phantom 48v untuk Microphone Condenser atau Di Box passive, Instrument - Line Switch yang disesuaikan untuk apa inputnya (Instrument untuk guitar & bass - Line untuk keyboard / synth). Juga ada HALO LED yang berguna untuk leveling input, warna hijau aman, oranye hati-hati, merah berarti peak.

Focusrite Scarlett Solo menawarkan sample rate hingga 96kHz yang sangat cukup untuk keperluan recording, bahkan biasanya studio recording standard masih menggunakan 48kHz. Juga dapat merekam 24-bit



Berikut adalah Fitur Utama dari Focusrite Scarlett Solo :
  • Focusrite preamp built-in for phantom power
  • DI/line for guitar, bass or keys
  • 24-bit resolution audio quality (sample rates up to 96kHz)
  • Dynamic range of over 105dB
  • Gain halos give you a visualization of levels
  • Direct monitor switch
  • Large volume dial on front
  • Aluminum chassis build
  • Connect via USB 2.0
  • 1 XLR, 1 1/4″ inputs
  • 1 stereo RCA, 1 1/4″ outputs
  • Frequency response: 20 Hz – 20 kHz +/-0.3 dB
  • Kensington Lock slot

Dengan fitur dan keseluruhan, Focusrite Solo sebenarnya sangat mengesankan dengan harga yang di pasarkan. Jika anda mencari Audio Interface yang basic dengan fitur lengkap, anda tidak perlu ragu dengan Soundcard External ini. Focusrite adalah Brand besar dalam dunia audio, sehingga untuk merasa kecewa akan kualitas kemungkinan sangat kecil.

Dan nilai tambahan adalah di build quality dan ukuran, Focusrite Scarlett Solo memiliki body alumunium yang sangat kokoh dan rigid, dan memiliki ukuran yang sangat baik untuk dibawa kemana-mana. Jika anda butuh Audio Interface di panggung untuk keperluan Live, Scarlett solo lah jawabannya. Anda tidak memerlukan space yang besar untuk meletakannya, juga body yang kokoh akan mengurangi ke khawatiran anda jika produk ini jatuh / terinjak di atas panggung. Anda juga tidak memerlukan Power Adaptor, tinggal colok via USB saja.

Dan yang terakhir, anda akan mendapatkan banyak software bawaan! Gratis dan original, Tinggal download dari kertas kode yang ada di dalam box.

Software yang anda dapatkan adalah :
  • Ableton Live Lite 
  • Focusrite Scarlett plug-in suite
  • Novation Bass Station plug-in – VST / AU
  • 1GB of Loopmasters samples


So, jadi untuk siapa/apa Focusrite Scarlett Solo ini? 
Soloist? yup, untuk anda yang bernyanyi sambil main gitar atau keyboard, produk ini sudah pasti pas untuk kebutuhan anda!

Producer? yup, bagi anda yang menciptakan lagu sendiri dengan merekam satu persatu track, sangat cocok.

Kalau Home Recording Sewaan? Menurut pengalaman saya, dengan fitur yang ada di Audio Interface ini, sudah sangat cukup untuk merekam lagu-lagu klien anda :)

Kalau menurut anda, cukupkah produk ini untuk kebutuhan anda? Jika tidak, silahkan untuk berkomentar di kolom komentar dibawah :)

Saat artikel ini ditulis, Harga Focusrite Scarlett Solo adalah USD104.
Jika anda mencari produk ini, dapatkan harga spesial di toko kami : http://www.tokodistorsi.com/


Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel