Perbedaan Shure SM57 Palsu (KW) dengan Shure SM57 Asli


Shure SM57 merupakan standar di industri musik dan sebuah mic legendaris; mereka terdengar hebat, mereka cukup murah, dan built quality nya luar biasa. Pada kenyataannya, Shure SM57 terkenal karena mampu bertahan dalam penggunaan yang keras (excessive abuse).

Microphone Shure SM57 adalah microphone yang paling umum ditemukan pada studio di seluruh dunia. Dengan harga sekitar $ 99, mereka cukup murah dan terdengar jauh lebih mahal dari harganya. Tentu saja Shure SM57 sangat cocok untuk mereka yang tidak memiliki anggaran yang cukup besar.

Sayangnya, popularitas mic ini telah menciptakan masalah besar. Banyak sekali produsen dari China menciptakan Mic SM57 palsu yang sangat sulit untuk dicari perbedaannya dengan yang asli. Bahkam mereka memalsukan hingga kemasan dan setiap detail dari mic ini.

Dengan kemampuan untuk memproduksi duplikat yang sangat akurat, pabrik - pabrik ini membuat keuntungan yang sangat besar, namun merugikan musisi dan sound engineer di luar sana yang mencari kualitas dengan budget yang minim. Bahkan dapat anda temui beberapa seller pada forum jual beli online menjual produk palsu namun mengatakan kalau produk yang mereka jual adalah asli. Walaupun masih ada beberapa seller yang mau mengakui kalau produk mereka adalah produk palsu namun anda tetap saja harus berhati - hati.

Sungguh mengenaskan.

Jadi, bagaimana anda bisa mengetahui perbedaan antara Shure SM57 yang palsu dengan yang asli..?

Apakah Shure SM57 yang anda miliki merupakan SM57 asli..??

Ketika anda browsing untuk mencari perbedaanya, akan banyak sekali anda temukan variasi SM57 yang beredar di pasaran. Namun yang paling umum ditemukan adalah sebagai berikut:


Pada SM57 palsu biasanya akan tertulis shure pada connector xlr nya dan tidak terdapat connector tab yang berbentuk persegi, sedangkan pada SM57 asli hanya tertulis C yang berarti common.





Perhatikan tepi pada SM57 palsu yang berbentuk sedikit siku, sedangkan lebih halus pada SM57 asli. Warna pin connector pada SM57 palsu berwarna bronze, sedangkan pada SM57 asli berwarna silver. Pada bagian bawah mic, jumlah sekrup pada SM57 palsu terdapat dua, sedangkan pada SM57 asli hanya terdapat satu.




Panjang Body SM57 palsu, jika anda perhatikan secara seksama akan sedikit lebih panjang dibandingkan dengan SM57 asli. Font yang digunakan SM57 palsu juga terlihat tipis dan kaku dibandingkan dengan SM57 asli.




Pada bagian grill SM57 palsu akan berbentuk flat dan datar, sedangkan pada SM57 asli akan terlihat sedikit curve pada bagian tepi dan sedikit menonjol.



Mungkin yang satu ini adalah cara yang paling meyakinkan anda untuk membedakan SM57 Palsu dengan yang asli. Setiap microphones Shure selalu menggunakan kabel berwarna hijau dan kuning (setidaknya SM57 dan SM58), tetapi Shure SM57 palsu selalu berwarna oranye, atau merah. (They constantly mess this up). Juga perhatikan stempel yang menandakan qualiity control pada Shure SM57 asli. Apabila anda ragu dengan mic anda, it's perfectly okay to unscrew and take a look what's inside.




Apabila anda perhatikan warna hitam pada SM57 palsu terlihat lebih doff dan pudar sedangkan pada SM57 asli lebih pekat. Begitu juga pada bagian ber-ulir mic SM57 asli terlihat berkilau dan terbuat dari stainless steel, sedangkan pada yang palsu warnanya kusam. Yang paling terlihat jelas adalah tidak adanya serial number yang tertulis pada SM57 palsu. Bobot SM57 palsu juga jauh lebih ringan, sekitar 2/3 dari bobot SM57 asli




Bagaimana..?

Cukup mudah kan membedakannya..? Jangan sampai anda tertipu untuk membeli SM57 palsu karena kualitas yang anda dapatkan akan jauh dari SM57 yang asli.



Apabila anda merasa artikel ini bermanfaat,

  • Jangan lupa untuk berbagi artikel ini, atau
  • Follow us on Social Media below....

Terima kasih...

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel