Praktek Membuat Lagu dengan Fruityloops Part 3 (Bass & String)


Setelah pada tutorial sebelumnya saya sedikit mengulas pengerjaan instrumen Drum dan Gitar, saat ini kita sampai pada bagian terakhir yang akan membahas instrumen Bass & String. Instrumen bass & string adalah instrumen terakhir yang yang akan kita bahas dari contoh lagu.

Pembahasan kali ini tidaklah terlalu banyak dan tidak jelimet, kenapa? Karena beberapa poin-poin pentingnya sudah ter-cover di tutorial-tutorial sebelumnya. Jadi, harap baca-baca lagi tutorial  sebelumnya kalau masih ada yang bingung. Masih bingung juga? Boleh ditanya langsung melalui kolom komen. Sudah siap untuk memulai tutorialnya?

Jika sudah, seperti biasa saya tampilkan lagunya di bawah ini:



Oh iya, bagi yang baru gabung boleh mampir dulu ke halaman Daftar Isi Tutorial Membuat Lagu (Fruityloops), di dalamnya tertulis lengkap urutan tutorial yang berguna memberikan gambaran jelas dari mana Anda harus memulai, tutorial seperti apa yang Anda butuhkan, dan di mana tutorial sedang berlasung, Jadi Anda tidak kehilangan jejak jika ingin belajar membuat lagu.

Kita lanjut, link download dari projek Fruityloops bisa didownload melalui link di bawah ini:


Jangan lupa, seperti yang sudah-sudah, sebelum Anda download pastikan FL Studio sudah terinstal pada komputer/laptop yang Anda gunakan, setelah itu download projek Fruityloops, lakukan extract dan buka file projek berformat .flp tersebut.

Setelah FL Studio terbuka Anda akan melihat ada penampakan baru, yaitu instrumen bass dan string, jika bingung penampakan barunya yang mana bisa Anda lihat pada ilustrasi gambar di bawah ini.

Gambar 1 (klik gambar untuk memperjelas gambar)

Bass

Instrumen bass memliki peranan penting dalam sebuah lagu, karena perannya sebagai penopang sebuah lagu di mana permainan bass memainkan nada-nada kord yang menjadi sandaran sebuah lagu. Jadi bisa dikatakan bass termasuk basic instrumen sama halnya seperti drum. Berbeda dengan gitar dan instrumen lainnya yang lebih condong sebagai penghias sebuah lagu.

Untuk mengisi bass pada lagu ini saya menggunakan plugin instrumen bawaan FL Studio yang bernama BooBass. Cara memasukan Plugin Instrumen ke dalam channel bisa dilihat di tutorial Pembuatan Nada Instrumen.

Seperti halnya Fruity Slayer, BooBass termasuk dalam kategori “Plugin Instrumen”, di mana terdapat setting windownya sendiri. Untuk membuka settingnya silahkan klik “channel BooBass”. Sesaat diklik akan terbuka channel settings dan Anda akan melihat plugin setting BooBass di mana terdapat “3 buah knob” yang bertuliskan bass, mid dan treble. Silahkan bereksperimen sedikit dengan mengutak-atik ketiga buah knob tersebut dan pelajari sebab akibat dari perubahan ketiga knob tersebut.

Tidak banyak pattern bass yang saya buat di dalam lagu ini, karena lagu tidak menggunakan banyak kord. Total terdapat dua buah pattern bass yang bernama Bass dan Bass End. Silahkan Anda lihat bagaimana saya menggambar nada bass pada “piano roll” dari kedua pattern tersebut. Terlihat tidak banyak perubahan nada dari gambar dalam piano roll tersebut. Selain itu perhatikan bahwa permainan bass harus sejalan dengan beat dasarnya. Jika Anda menyadari permainan bass tidak jauh berbeda dari pemainan gitar rhythm.

Setelah itu perhatikan cara saya meletakkan bass pada “Playlist” untuk membuat lagu menjadi lebih lengkap. Terakhir jangan lupa perhatikan juga plugin channel BooBass yang juga dimasukkan ke “mixer,” instrumen bass saya letakkan pada “insert track 15” pada mixer. Pasti sudah tahukan cara memasukan channel instrumen ke dalam mixer, kalau masih lupa bisa lihat lagi di sini.

String

Sekarang beralih ke intrumen “string” di mana instrumen jenis ini lebih berperan  sebagai pelengkap dan pemanis. Instrumen ini biasanya dibawakan live menggunakan instrumen keyboard.

Instrumen string pada lagu ini menggunakan “sample audio” yang tersedia di Fruityloops, bernama “STR_Mixo_C3”. Sample audio ini dapat ditemukan di dalam “browser” FL Studio yang bisa ditemukan melalui browser FL Studio dengan folder sebagai berikut:

Folder:
PACKS  >  Legacy String STR_Mixo_C3


Gambar 2 (Klik gambar untuk memperjeas)

Cara memasukkan sample audio sudah dijelaskan pada tutorial Membuat Lagu Pemula - Fruityloops Part 1

Sama halnya dengan bass, tidak terlalu banyak pattern string yang dibuat dalam lagu ini. Nama-nama patternnya adalah String, String 2 dan String 3. Perhatikan semua poin-poin seperti yang saya bahas pada instrumen bass sebelumnya.

Sebuah instrumen string bisa bertindak sebagai pengiring dan juga melody. Jenis permainannya jelas dapat lebih bervariasi jika dibandingkan dengan instrumen bass yang kebanyakan hanya sebagai pengiring.

Jika Anda masih pemula, demi kelancaran dalam menggunakan instrumen string ini ada baiknya Anda mampir ke artikel Dasar Pembentukan Tangga Nada dan Chord, terutama untuk mempelajari pembentukan kord yang cukup berguna saat kita membuat lagu menggunakan instrumen string.

Penutup

Sebelum tutorial ini benar-benar ditutup saya terlebih lahulu ingin mebahas kesimpulan yang harus diperhatikan:

  1. Membuat lagu menggunakan Fruityloops dapat dimulai dengan berbagai cara. Contohnya, jika Anda sudah terbiasa membuat lagu secara manual, Anda bisa mulai menggunakan Fruityloops untuk membuat pengiring kord-kord dasarnya, dilanjutkan membuat beat drum dan berbagai hiasan instrumen lainnya. Anda juga bisa memulai membuat lagu dari nol menggunakan Fruityloops, metodenya bisa dimulai dari berimajinasi atau mencari referensi lagu lain, lalu diikuti dengan membuat beat drum, berikutnya lanjutkan dengan membuat nada kord dan seterusnya.
  2. Terus berlatih agar dapat menggunakan Fruityloops dengan cepat dan efisien, sehingga saat inspirasi datang Anda dapat segera menerapkan inspirasi tersebut ke Fruityloops sebelum inspirasi tersebut hilang.
  3. Mengulang kembali semua fungsi dan konsep cara kerja Fruityloops seperti mengerti apa perbedaan “plugin instrumen” dengan “sample audio”, mengerti channel, playlist dan mixer.
  4. Selalu masukan channel instrumen ke dalam mixer untuk memudahkan “proses mixing” yang akan saya jelaskan pada tutorial berikutnya. Jika Anda perhatikan di dalam setiap insert track dalam mixer dari projek ini, saya meletakkan beberapa efek di dalamnya seperti Parametic EQ, Delay dan Reverb, ini adalah salah satu contoh mixing sederhana yang detailnya akan saya bahas pada tutorial mixing secara khusus.
Pelajari lagu yang Anda minati, jika Anda adalah seorang DJ pelajari pola-pola berbagai jenis dance music, electronic, etc. Jika Anda pecinta Hip Hop atau Rnb juga begitu, dalami lagu-lagu tersebut. Setelah itu coba Anda ciptakan lagu-lagu tersebut menggunakan fruityloops, jika bingung memulai dari mana, Anda bisa mulai latihan dari membuat ulang lagu-lagu yang Anda minati tersebut menggunakan Fruityloops.

Itulah kesimpulan penting yang harus diperhatikan. Bagi yang sudah tamat mengikuti Tutorial Membuat Lagu Menggunakan Fruityloops, mengikuti tutorial praktek ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana mengorganisir proses pembuatan lagu secara benar. Tutorial praktek ini bukanlah merupakan pakem yang mentah-mentah harus diikuti, tapi paling tidak Anda memiliki gambaran bagaimana pengerjaan sebuah lagu dilakukan menggunakan DAW Fruityloops.

Sekian Tutorial Praktek Membuat Lagu – Fruityloops, semoga semua dapat mengerti semua hal yang tertulis di sini, dan jika masih banyak pertanyaan silahkan ajukan melalui kolom komen di bawah ini. See ya and be creative!

Tutorial selengkapnya:
Daftar Isi Tutorial Membuat Lagu (Fruityloops)

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel