Tips Manggung Untuk Pemula


Apa itu manggung? Buat yang masih belum tahu, “manggung” berasal dari kata “panggung” yang merupakan sebuah area di mana seseorang atau sekelompok orang tampil untuk mempresentasikan tujuannya.

Kegiatan manggung itu sendiri bisa beraneka ragam, misal berpidato, kampanye dan kegiatan presentasi lainnya. Namun, kata “manggung” lebih sering digunakan untuk kegiatan-kegiatan berbau “art” atau seni. Seni tari, drama dan berbagai pagelaran seni kebudayaan biasanya juga menggunakan panggung untuk menampilkannya.

Karena kita sedang berada dalam blog musik makan kita kerucutkan lagi pada kegiatan yang “paling” sering menggunakan kata “manggung”, Yak, kegiatan itu adalah seni musik. Bagi Anda yang berkecimpung di dunia musik pastinya sering menggunakan kata manggung karena tidak bisa dipungkiri bahwa manggung merupakan adalah salah satu tujuan mengapa seorang musisi bermusik.

Lalu, kenapa manggung menjadi salah satu tujuan musisi dalam bermusik? Musik adalah suatu produk yang dihasilkan manusia, layaknya “mobil” adalah sebuah produk dari sebuah pabrik mobil. Produk musik tidak hanya merupakan karya nyata berbentuk “lagu”, namun bisa juga berupa musikalitas dan skill dalam bermusik.

Sebuah produk akan menjadi sia-sia jika hanya kita pendam sendiri, lagi-lagi seperti sebuah pabrik mobil yang memproduksi ribuan mobil, tapi hanya untuk disimpan di dalam gudang penyimpanannya. Muara dari pabrik mobil ini adalah meraup keuntungan, sehingga mereka harus memamerkan apa yang telah mereka produksi.

Hal ini juga berlaku bagi produk musik, di mana seorang musisi harus memamerkan produknya, bisa dalam bentuk lagu, skill atau keduanya sekaligus. Muara dari produk musik pun bisa saja berbeda-beda setiap individu, bisa untuk mencari nafkah, sekedar unjuk gigi atau sekedar melampiaskan hobi musik.

Panggung adalah tempat untuk menjawab berbagai tujuan itu tadi. Bagi pencari nafkah, yang mau unjuk gigi dan juga penyalur hobi. Dengan manggung kita bisa menyampaikan, melampiaskan, mengungkapkan semua unek-unek dalam bermusik.

Pada umumnya, perjalanan seorang musisi haruslah terlebih dahulu diasah melalui panggung-panggung lokal di sekitarnya, semua jenis musisi di antaranya seorang vokalis, gitaris, drummer, keyboardis bahkan Politisi sekalinpun??? “latihan ngomong di depan umat. Hehehe…”

Namun, pada prakteknya tidaklah mudah memecahkan masalah-masalah yang dihadapi para musisi, khususnya yang baru nyemplung ke dunia musik saat mereka berada di atas panggung. Oleh karena itu, dari uraian tadi saya ingin sedikit share tentang masalah apa saja yang dihadapi saat berada di atas panggung dan bagaimana tips-tips untuk mengatasinya khusus untuk musisi, bukan politisi ya…

Masalah yang Biasa Dihadapi saat Berada Di Atas Panggung

Tidak biasa tampil di hadapan orang banyak adalah masalah utama yang sangat mengganggu penampilan seorang musisi saat berada di atas panggung. Tak peduli seberapa besar seorang musisi berlatih mempersiapkan diri, nervous atau grogi bisa seketika menggagalkan penampilannya di atas panggung. Perasaan ini membuat seluruh tubuh bergetar dari ujung kaki hingga kepala, suhu tubuh mendadak jadi dingin, sakit perut dan berbagai hal buruk lainnya.

Semua perasaan itu menggangu secara fisik dan mental yang juga berimbas pada permainan. Seketika juga dapat mengalihkan konsentrasi pada instrumen dan juga membuat tubuh tidak dapat dikendalikan. Jika Anda termasuk yang merasakan sensasi ini saat hendak atau berada di atas panggung jangan khawatir, tips-tips di bawah sudah menanti untuk Anda pelajari dan terapkan, selain itu juga sebagai motivasi. Tapi sabar dulu, mari kita lihat masalah apa lagi yang menjadi catatan saya saat berada di atas panggung.

Masalah juga dapat timbul akibat hal-hal teknis yang ak terduga di atas panggung. Yang dimaksud hal teknis di sini adalah kriteria panggung yang tidak sesuai dengan harapan musisi seperti drum yang buruk, ampli gitar tidak sesuai dan berbagai masalah teknis lainnya.

Tips

Latihan Semaksimal Mungkin

Pastikan Anda betul-betul menguasai materi lagu yang akan dibawakan. Latih terus secara individu maupun bersama anggota band di dalam studio. Jangan senang dulu, Anda lancar di studio belum tentu sukses di panggung, tapi paling tidak latihan ini adalah modal awal yang wajib Anda penuhi sebelum memikirkan hal lainnya.

Persiapkan Peralatan

Jika Anda serius ingin menjadi musisi ada baiknya memiliki instrumen dan kelengkapannya. Misalnya sebagai gitaris, instrumen “gitar” adalah menu wajib yang harus Anda miliki, setelah itu “efek gitar” dan perlengkapan lainnya. Tujuannya, selain bisa digunakan saat latihan, penting untuk menggunakannya saat berada di atas panggung.

Jangan sekali-kali terpikir untuk menggunakan gitar yang disediakan oleh panitia acara, karena akan menjerumuskan Anda walaupun gitar yang disediakan panitia lebih bagus dari gitar Anda. Alasannya, gitar milik Anda sendiri adalah gitar yang paling Anda kenal karena selama latihan digunakan. Selain itu, di saat Anda mengenal karakteristik instrumen yang Anda pegang tentu akan membuat Anda tahu apa yang harus dilakukan saat terjadi hal-hal tak terduga.

Persiapan juga dapat Anda lakukan seperti tuning gitar agar tidak fals sebelum naik ke atas panggung. Begitu naik langsung JRENG… tanpa stress tuning di atas panggug.

Efek gitar juga penting Anda miliki, karena suara yang Anda butuhkan ada dalam efek yang selama ini sudah Anda atur settingannya, jika menggunakan efek yang disediakan panggung bisa saja menemukan suara efek harapan Anda namun akan memakan waktu lebih dan bisa saja akan mengacaukan segalanya. Di saat grogi minimalisir hal-hal yang merepotkan Anda.

Intinya, persiapkan segalanya sejak dari rumah sebelum berangkat ke panggung. Seperti layaknya musisi profesional, naik ke atas panggung langsung JRENG… tidak banyak tetek bengek yang membuat penonton kecewa.

Fokus Bermain Musik di Atas Panggung

Sebagai pemula yang belum dapat menguasai perasaan grogi di atas panggung, alangkah baiknya Anda hanya fokus untuk mencapai permainan musik sebaik mungkin. Jangan korbankan permainan demi style dan hal-hal lainnya, hanya pikirkan untuk menyajikan permainan yang sempurna.

Menurut pengalaman saya, apresiasi akan lebih tinggi jika penonton terkesima dengan permainan instrumen yang baik. Jarang, bahkan tidak ada sama sekali apresiasi saat kita memiliki style heboh di atas panggung, namun disertai ribuan kesalahan memainkan instrumennya. Intinya, Anda bisa saja perlahan membentuk style atau gaya, namun  saat Anda sudah menguasai panggung dan mampu bermain bersih tanpa kesalahan sedikitpun dan tidak grogi. Jadi setelah giat berlatih dan mempersiapkan peralatan, waktunya fokus bermain saat di atas panggung.

Ikhlas Jika Melakukan Kesalahan

Hmmmm… Menurut saya, Anda sebagai pemula penting memiliki perasaan ikhlas "sebelum" dan "sesudah" melakukan kesalahan di waktu manggung. Karena, hal ini dapat membantu kita mengendalikan tingkat grogi yang dirasakan. Perasaan takut melakukan kesalahan berlebih sebelum terjadi kesalahan akan membuat Anda tegang dan malah akan mengantar pada kesalahan yang sebenarnya, begitu juga setelah melakukan kesalahan akan menghancurkan permainan bagian selanjutnya.


Tetap fokus bermain, jika salah tidak usah memikirkan hal aneh-aneh yang justru akan membuat Anda semakin grogi, hindari pikiran aneh seperti “apa kata orang nanti, takut diketawain, memalukan.”  Perlu Anda ketahui, Gitaris sekelas Mike Einziger (Incubus) pun juga tak jarang melakukan kesalahan saat tampil live di hadapan puluhan ribu penonton, kesimpulannya kesalahan tidak akan merenggut nyawa Anda. Ikhlas dan fokus lagi!

Analisa Kekuarangan Saat Selesai

Setelah selesai, Anda harus membuat kesimpulan dari pengalaman yang sudah Anda lewati di atas panggung. Buatlah poin-poin tentang apa saja hal-hal yang harus Anda perbaiki, jadikan pengalaman sebelumnya sebagai pelajaran agar tidak terulang saat manggung berikutnya.

Sering-sering Manggung 

Terakhir, janganlah bersedih dan putus asa di saat Anda belum juga dapat merasakan nikmatnya berdiri di atas panggung. Dengan banyak-banyak manggung lambat laun dapat membuat Anda merasa seperti berada di rumah sendiri.

Tidak ada ilmu yang berharga dari pengalaman, semakin banyak Anda manggung akan semakin banyak Anda memiliki kesempatan untuk mengeliminasi kesalahan-kesalahan, hingga akhirnya penampilan Anda terbebas dari kesalahan alias sempurna. Jangan lupa untuk mengulangi siklus pada tips-tips sebelumnya di panggung Anda yang berikutnya.

Semua musisi hebat di jagat raya juga merasakan hal yang Anda rasakan, jika ingin menjadi hebat jadilah seperti mereka dengan tidak berputus asa, nothing to lose dan terus mencoba.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel