Perdengarkan Lagumu di SoundCloud

soundcloud homepage

Sosial Media di internet menyediakan tempat dan cara baru bagi manusia di muka bumi untuk berinteraksi satu sama lain. Bagi musisi, sosial media memegang peranan yang sangat penting, di antaranya untuk memasarkan karya kepada para pendengar. Penggunaan Twitter, Facebook dan berbagai macam sosal media lainnya dianggap ampuh oleh para musisi untuk menjaring para pendengar dan merangkul fans mereka.

Pembukaan di atas bisa menjadi pengingat bagi kita untuk tidak melupakan besarnya keuntungan yang didapat dengan menggunakan sosial media, gratis pula. Artikel ini khususnya saya tujukan bagi musisi yang mungkin lupa akan manfaat bersosialisasi di medium sosial media dan juga sebagai penyemangat bagi siapapun yang ingin terjun ke dunia musik. Saya akan membahas satu lagi sosial media yang memang diciptakan bagi para musisi khususnya.

Bukan sosial media baru, tapi saya rasa tidaklah sia-sia jika saya bahas di sini. Sosial media yang saya maksud bernama SoundCloud, yang memiliki tagline Hear the world’s sounds. Apa sih SoundCloud? Bagaimana cara kerja dari SoundCloud? Keuntungan apa saja yang akan didapat dengan bergabung SoundCloud?

Jika para Photographer punya sosial media Flickr untuk berbagi foto-foto dan Film maker bisa berbagi karya video mereka di Vimeo, untuk musik dan suara dapat menggunakan SoundCloud.

SoundCloud menyediakan tempat bagi siapa saja yang ingin berbagi “bebunyian” atau “suara-suara” (sounds) yang ada di sekeliling kita. Suara-suara ini tidaklah harus dalam bentuk musik, bisa saja kita membagikan suara indah alam sekitar, suara unik buatan sendiri dan berbagai hal yang bisa kita bagikan dalam bentuk suara (sound).

Cara kerjanya cukup sederhana, dengan melakukan registrasi kita akan mendapatkan sebuah akun yang dapat menampilkan profil kita, seperti sosial media pada umumnya. Setelah profil jadi kita bisa langsung memasukkan suara yang umumnya berformat mp3 dengan filesize yang kecil, namun tidak menutup kemungkinan untuk meng-upload suara dengan filesize yang besar seperti suara berormat WAV, di mana kualitasnya jauh lebih baik dari mp3.

Berinteraksi dengan pengguna SoundCloud lainnya bisa dilakukan dengan cara mem“follow” kenalan atau orang lain dan sebaliknya akun kita difollow. Serupa dengan Twitter di mana kita akan mendapat update suara-suara terbaru dari teman dan orang yang kita follow pada halaman “stream”. Bagi yang mem-follow akun kita, mereka juga akan mendapatkan update bebunyian yang kita masukan.

Hal yang ingin saya tekankan di sini bahwa SoundCloud cocok digunakan oleh siapapun, tak terbatas hanya musisi saja. Berbeda dengan sosial media yang juga pernah saya bahas “Indaba Music” di mana lebih cocok digunakan oleh musisi. Silahkan baca artikel Indaba Music jika Anda berniat menjadi musisi seutuhnya.

Para penikmat musik dapat mencari lagu-lagu baru atau lagu yang sedang trending dari segudang genre musik di dunia. Penikmat musik tidak perlu memasukkan suara jika memang tidak memilikinya, mereka bebas menikmati semua suara yang ada di dunia melalui SoundCloud.

Saat ini sedang marak praktek meng-cover lagu orang lain, SoundCloud merupakan tempat yang tepat untuk sharing lagu cover kita. Tidak diharuskan memiliki kualitas rekaman yang baik, misalnya hanya bermodalkan "perekam gadget" yang kita miliki kita sudah dapat memamerkan kemampuan bermusik kita pada dunia, “siapa tahu ada produser yang jatuh cinta dengan karya kita hehe...”

Bagi musisi, tak perlu ditanya lagi keuntungan yang didapat. Sangatlah jelas SoundCloud dapat menjadi tunggangan yang pas untuk mempromosikan musisi. Berikut ini adalah fitur-fitur di dalam SoundCloud yang biasa saya gunakan: 

Menggunakan Fitur “Set”

Fitur ini berguna untuk mengelompokkan suara-suara yang telah kita masukkan dengan judul “set” sesuai keinginan kita. Misalnya, kita sebagai musisi telah membuat EP atau mini album yang terdiri dari 5 buah lagu, saat kita masukkan ke dalam SoundCloud kelima lagu tersebut akan berdiri sendiri-sendiri, di saat inilah kita gunakan fitur “Set” untuk menggabungkan kelima lagu ke dalam satu set, sehingga para pengunjung tidak bingng untuk mendengarkan mini album kita. Untuk penikmat musik bisa menggunakan “Set” untuk mengelompokkan lagu-lagu favorit mereka. 

Fitur “Repost”
Fitur ini bekerja layaknya “Retweet” pada Twitter. Jadi, kita bisa klik “Repost” karya orang lain di saat suara atau lagu tersebut menarik dan kita ingin share suara tersebut ke follower yang kita miliki. Banyaknya jumlah Repost juga menjadi indikator popularitas sebuah suara atau musik. 

Media Promosi di Luar SoundCloud
Jika Anda punya blog pribadi atau website band, Anda bisa menampilkan suara yang telah Anda upload ke SoundCloud pada blog atau website tersebut. Kalau yang satu ini serupa dengan fitur di Youtube, yaitu fitur “embed”, di mana kita dapat meng-copy kode embed dan paste di halaman blog atau website yang kita inginkan. Seperti contoh "set" di atas, saya mengkopi embed code pada halaman ini.

Link URL dari suara yang Anda masukkan ke dalam SoundCloud juga bisa dijadikan senjata untuk memamerkan karya kepada orang-orang yang tidak menggunakan SoundCloud. Anda bisa share link URL di Twitter, Facebook atau Google+. 

SoundCloud Group
SoundCloud juga menyediakan fitur untuk membuat Group, di mana kita bisa berinterksi dengan teman-taman atau orang lain yang memiliki tujuan yang sama, seperti layaknya komunitas. 

Fitur Comment
Salah satu hal yang menurut saya paling unik dari SoundCloud adalah bentuk fitur komennya. Anda bisa berkomentar di setiap suara yang Anda temukan, uniknya Anda bisa meletakkan komen sesuai waktu dari suara, hal ini dapat membantu commenters untuk memperjelas bagian suara mana yang ingin dikomentari.

Itulah sekilas pembahasan tentang sosial media SoundCloud. Saya sangat menyarankan Anda pecinta musik dan musisi untuk bergabung di sosial media ini. Kalaupun manfaatnya tidak terlalu dirasakan, hitung-hitung untuk melengkapi sosialisasi kita dan untuk membuka wawasan. 

Untuk bergabung di SoundCloud Anda bisa langsung mengunjunginya di alamat https://soundcloud.com. Oke, sekian dulu dan sampai jumpa di SoundCloud.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel