Music Tutorial: Praktek Membuat Lagu dengan Fruityloops

Loovo Music Tutorial

Pada tutorial dan artikel sebelum-sebelumnya saya sudah menjelaskan tentang software musik atau juga disebut Digital Audio Workstation, di mana software inilah yang digunakan oleh para musisi untuk memproduksi lagu-lagu mereka. Dari mulai aransemen, mixing, editing hingga mastering, semua dilakukan di antaranya menggunakan software.

Tak heran, perkembangan teknologi digital juga mempengaruhi kegiatan bermusik di dunia, termasuk di antaranya dalam memproduksi lagu. Dahulu produksi lagu dilakukan secara analog, sekarang di saat era digital merajai, penghematan waktu pembuatan lagu secara signifikan meningkat. Dampak lainnya para musisi juga memiliki ruang lebih dalam bereksperimen untuk menghasilkan musik-musik jenis baru.

Barusan adalah sedikit rangkuman tentang pandangan saya tentang software musik, mungkin dapat berguna bagi teman-teman yang baru bergabung di blog musik ini, kalau perlu lebih jelas boleh jalan-jalan dulu di blog ini.

FL Studio 11
Waktunya membicarakan topik sesuai judul di atas. Tutorial ini saya buat untuk melanjutkan tutorial Membuat Lagu untuk Pemula dengan Software Fruityloops. Kalau di situ saya menjelaskan fitur-fitur dasar mengoperasikan Fruityloops, sekarang saya ingin berbagi cara-cara yang saya lakukan dalam membuat lagu menggunakan Fruityloops. Agar lebih jelas dan mudah dimengerti saya telah membuat sebuah lagu menggunakan Fruityloops di mana saya akan membongkar cara membuat lagu sebagai bahan yang akan kita pelajari di sini, selain itu saya juga akan memberikan file projek fruityloop dari lagu yang saya buat agar dapat dibuka di Fruityloops pada komputer Anda sendiri. Sebelum lanjut lebih jauh, pastikan dulu baca artikel-artikel di bawah ini agar lebih mudah mengikuti tutorial ini: 

Music Tutorial Beginners:
  1. Apa itu Fruityloops?
  2. Panduan Instalasi Software Musik Studio Fruityloops
  3. Tips Meningkatkan Performa Komputer/Laptop Untuk Fruityloops
  4. Dasar Pembentukan Tangga Nada & Chord 
  5. Membuat Lagu Untuk Pemula dengan Software Fruityloops
Jika sudah, langsung saja kita dengarkan lagu yang akan kita bedah bersama-bersama di bawah ini:



Untuk mendengarkan lagu, saya menyarankan menggunakan earphone atau speaker dengan frequensi range lebar (speaker dengan subwoofer, mid dan tweeter) agar kita bisa mendengar lagu secara detail. Hal ini diperlukan karena bicara tentang musik kita harus dapat mendengar setiap detail elemen yang terdapat dalam lagu yang kita dengar. saya menemukan thread pada forum yang sedikit bisa membantu menjelaskan tentang frekuensi speaker di sini.

Lagu dimulai dengan petikan gitar dengan sedikit efek distorsi diiringi oleh suara string bernada rendah dibelakangnya. Dilanjutkan dengan masuknya gebukan drum yang mendadak berhenti setelah sedikit variasi drum.

Maju sedikit lagi, kita akan mendengar drum, bass dan guitar bermain secara bersamaan. Di bagian ini terdapat dua permainan gitar, yaitu gitar petik dan gitar rhythm dengan teknik palm mute. Tak lama terjadi cooling down di mana drum berhenti  dan digantikan oleh permainan lead gitar yang juga diiringi instrumen string.

Melodi lead gitar terus bermain saat semua instrumen kembali aktif. Sebelum penutupan, terdapat permainan floor tom pada drum, gitar petik dan string masih mengiringi hingga masuklah ke bagian akhir lagu di mana drum memainkan ride cymbal dan terdapat pattern baru pada melodi gitar yang masih diiringi oleh gitar rhythm hingga lagu selesai.

Saya sendiri tidak yakin lagu ini beraliran apa, ada yang punya pendapat? Hehe... Lagu tidak terlalu bagus, cenderung terdengar monotone, tapi menurut saya cukup untuk menjadi bahan belajar kita di sini, kalau lagunya terlalu ribet malah saya yang bingung jelasinnya hehe… Jadi pelan-pelan ya, kita mulai belajar dengan lagu ini.

Quickguide FL Studio
Untuk teman-teman yang merasa kurang suka atau tidak sealiran dengan karakter lagunya, jangan khawatir karena lagu ini digunakan hanya sebagai modul pembelajaran yang ilmunya juga dapat diterapkan untuk membuat berbagai jenis aliran musik lainnya, kita masih akan belajar basicnya saat ini, sekaligus membiasakan diri dengan Fruityloops.

Setelah kita sama-sama mendengar lagunya, saya berikan catatan tentang pembuatan lagu tersebut:
  1. Pembuatan lagu murni menggunakan Fruityloops, tanpa plugin tambahan dan tanpa menggunakan sound eksternal yang bisa saya lakukan dengan rekording. Jadi siapapun bisa ikutan belajar di sini, saya juga akan berikan file mentah dari projek FL Studio (berformat *.flp) supaya bisa teman-teman buka sendiri di komputernya masing-masing, dengan begitu akan lebih jelas.
  2. Instrumen terdiri dari drum, guitar, bass, string.
  3. Plugin/Generators yang digunakan di antaranya FL Slayer (guitar) dan BooBass (bass). Keduanya merupakan plugin bawaan Fruityloops.
  4. Lagu diproduksi menggunakan Fruityloops 10. Baru-baru ini sudah rilis Fruityloops 11 yang mudah-mudahan dalam waktu dekat akan saya bahas fitur-fitur barunya.
Oke, sampai sini pasti pada penasaran ingin tahu cara membuatnya. Tutorial saya bagi menjadi tiga part sebagai berikut:
Pembagian Tutorial  
Pembagian ini saya lakukan agar dapat meng-cover setiap detail yang dilakukan untuk membuat lagu tersebut. Dalam “Part 1 Drum” hanya fokus membuat drum yang membahas berbagai teknik pembuatannya dari awal hingga akhir, begitu pula dengan Part 2 dan Part 3.

Sebagai pembukaan saya rasa cukup sekian dan sampai jumpa di tutorial Part 1. Sementara teman-teman menunggu update tutorial terbaru silahkan dikulik-kulik dulu lagunya atau mampir-mampir ke artikel sebelumnya dan main-main juga ke loovomusic.com untuk update berita musik, event dan berbagai konten musik menarik lainnya.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel