Sekilas Tentang Musik Hip-Hop


Musik rap adalah salah satu tiang utama dari industri musik di Barat. Sebut saja nama Kanye West atau Eminem. Mereka selalu menghadirkan irama khas rap yang terdengar unik dan enak didengar. Sejarah perkembangan Rap sendiri cukup panjang. Musik ini juga dikenal dengan istilah Hip Hop. 

Perkembangan musik hip hop berasal dari budaya Afrika-Amerika. Salah satu generasi Rap pertama adalah Rudy Ray Moore. Sedwick Avenue dipercayai sebagai tempat lahirnya musik ini pada tahun 1520. siknya

Di sinilah komunitas hip hop mulai berkarya dan menunjukkan eksistensi musiknya. Musik hip hop sendiri cenderung menyerukan protes terhadap pemerintah yang pada saat itu memperlakukan ras kulit hitam secara tidak adil. 

Musik ini mendorong orang untuk keluar dari belenggu pemerintah yang mengekang hak dan kebebasan mereka. Tentunya, konsep lirik hip hop jauh berbeda dengan trend sekarang. Musik rap tidak bisa lepas dari pengaruh budaya hip-hop. Sebuah sub-kultur dari komunitas klit hitam yang bertempat tinggal di wilayah Bronx. Ciri khas budaya ini bisa dilihat dari pakaian atau tarian mereka. 

Musik bertemakan hip-hop mempunyai beat kuat dan lirik yang mengalir dengan bebas. Musik ini memang terdengar seperti ‘ocehan’ tetapi masih mempunyai daya tarik tersendiri. 

Jamaica juga memberikan pengaruh yang cukup kuat dalam musik rap. Musik ini merupakan pencampuran budaya Amerika dan Jamaica. Ciri khas musik Jamaica adalah ‘toasting’. Selama musik diputar, penyanyi akan terus ‘mengoceh’ dengan kata-kata singkat dan sederhana yang diulang-ulang.

Sepanjang perkembangannya, rap berkembang menjadi beberapa genre dengan ciri khas tersendiri. Tidak sulit untuk mengelompokkan rap dalam genre tertentu. Jenis rap pertama adalah gangsta rap yang dipopulerkan oleh Snoop Dogg dan Tupac Shakur. 

Jenis kedua adalah party-rap yang dipopulerkan oleh Will Smith. Tema lagu dalam musik ini adalah pesta dan acara lain yang menyenangkan. Tipe rap lainnya juga diperkenalkan oleh penyanyi rap populer. Kanye West mampu menunjukkan ‘warnanya’ sendiri kepada industri musik. Dia menggunakan lirik lagu romantis, humoris, dan satiristis.

Rapper memang didominasi oleh penyanyi kulit hitam, tetapi kulit putih juga bisa ikut berpartisipasi dalam musik ini. Vanilla Ice dan Eminem adalah orang kulit putih tetapi mereka turut mempopulerkan rap. Fenomena ini merupakan bukti nyata bahwa rap semakin diterima oleh banyak kalangan dan tidak terbatas untuk kalangan kulit hitam saja.