5 Tips Membangun Rental Studio Musik yang Paling Diinginkan


Dapat dikatakan, perkembangan musik di Indonesia tak lepas dari keberadaan jasa rental studio musik. Anak-anak muda akan terangsang untuk bermusik mengetahui adanya jasa ini. Tak sedikit musisi terkenal yang lahir berawal dari iseng menjajal rental studio musik.

Untuk keadaan ekonomi yang dialami Indonesia saat ini, rental studio musik bisa menjadi jawaban untuk menjaga atmosfer musik di kalangan anak muda agar tetap berlangsung. Mereka tetap bisa mengembangkan kreatifitas dengan mengeluarkan biaya yang relatif murah dibandingkan harus membangun studio musik sendiri.

Di sisi lain para pengusaha harus struggle untuk survive menjalani lika-liku usaha rental studio musik. Dengan pendapatan yang relatif kecil per konsumen diperparah dengan sepinya kunjungan konsumen, tidak sedikit studio musik yang gulung tikar.

Penyebabnya bisa beraneka ragam, dari masalah manajemen keuangan yang buruk, kurangnya pengetahuan teknis musik, kurangnya konsistensi dan berbagai tantangan bisnis lainnya. Sebenarnya, bisnis rental musik kurang lebih sama seperti usaha-usaha jasa sektor lainnya yang meganut prinsip konsumen adalah raja.

Pelayanan superior menjadi jurus vital semua usaha jasa jika ingin melanggengkan bisnisnya. Dalam kasus ini, musisi pengguna studio itulah sang konsumen yang harus dimenangkan. Bagaimana caranya? Di bawah ini adalah lima masalah beserta tips sederhana untuk membangun rental studio musik yang dibuat berdasarkan kacamata konsumen tentang apa saja yang mereka lihat dalam menentukan pilihan studio musik.

  1. Penentuan Tempat

  2. Photo: By the Motorway
    Tempat menjadi permasalahan yang krusial bagi konsumen dalam menggunakan jasa studio musik. Permintaan lokasi yang strategis bukan jadi masalah utama yang dikeluhkan konsumen, karena walaupun lokasi tidak strategis jika konsumen sudah terlanjur jatuh cinta mereka akan terus setia datang bahkan mereka akan merekomendasikan kepada musisi lainnya.

    Yang menjadi masalah ialah kurangnya lahan parkir yang disebabkan oleh lingkungan yang kurang memadai. Di zaman musik elektronik seperti saat ini tidak jarang musisi yang membawa peralatan musiknya sendiri ke studio dan mereka harus menggunakan kendaraan roda empat untuk mengangkut peralatan mereka. Bayangkan jika mereka harus berjalan kaki sambil membawa peralatan musik yang berat dengan jarak yang jauh dari tempat parkir ke studio musik. Hal seperti ini lebih baik dihindari oleh beberapa musisi.

    Kesimpulan
    • Pastikan ketersediaan lahan parkir di lokasi studio musik memadai.
    • Pastikan keamanan lahan parkir bagi mobil maupun motor.
    • Hindari menentukan lokasi studio di pinggir jalan raya di mana aktifitas studio akan mengganggu jalan raya atau sebaliknya. Hal ini akan membuat konsumen was-was memikirkan kendaraan mereka berada di pinggir jalan raya (khawatir keserempet) dan bisa saja menyebabkan kemacetan.
    • Penggunaan ruko dan lingkungan perumahan dengan space lahan parkir yang cukup sangat dianjurkan, tentunya atas izin dari warga sekitar dan wajib memastikan peredam bekerja dengan baik.

  1. Pelayanan Operator

  2. Poin ini termasuk yang paling penting dalam menjalani usaha rental studio musik. Seringkali kita menghadapi operator yang cuek bahkan jutek di saat kita memerlukan bantuan mereka. Fatal akibatnya jika hal ini terjadi pada pegawai studio Anda.

    Sebagus apapun studio musiknya jika konsumen sudah dikecewakan karena hal sepele akibat kurangnya perhatian operator akan berkibat konsumen tidak akan kembali bahkan konsumen tidak segan menyebarkan pengalaman mereka kepada kerabat dan musisi lain.

    Sebaliknya studio musik yang biasa-biasa saja dapat menggaet lebih banyak konsumen karena operator yang bersahabat dan rela menuangkan perhatiannya penuh kepada konsumen.

    Kesimpulan
    • Operator yang mudah bergaul dengan konsumen dapat menjadi aset berharga bagi usaha rental studio musik.
    • Mimik wajah operator saat berhadapan dengan konsumen dapat menjadi penilaian apakah operator sepenuh hati melayani atau terpaksa melayani, tidak penting tapi fatal jika konsumen menganggap operator tidak ihklas melayani, akan membuat konsumen segan untuk meminta bantuan selanjutnya dan tak kembali di kemudian hari.

  1. Akustik Studio

  2. Peredam adalah menu utama bagi siapa saja yang ingin membangun studio musik. Gunanya untuk meredam suara bising agar tidak keluar ruangan studio. Namun, pengertian ini menjadi salah jika itu adalah satu-satunya tujuan menggunakan peredam.

    Selain untuk mengurangi suara bising dari dalam ke luar dan sebaliknya, peredam juga berfungsi mengendalikan pantulan suara yang terjadi di dalam ruang studio. Hal ini akan mempengaruhi kenyamanan konsumen dalam bermusik karena akustik ruang yang tidak baik akan mempengaruhi karakter suara instrumen.

    Kesimpulan
    • Serahkan pada ahli akustik ruang untuk membangun sebuah studio musik yang baik.
    • Untuk berhemat kita dapat membangun sendiri sebuah studio dengan menyewa tukang borongan. Bedanya kita harus sedikit mengeluarkan effort untuk mempelajari teori-teori akustik ruang dan teknik membangun studio. Tersedia banyak sekali tips dan tutorial membangun studio dan cara-cara untuk menciptakan akustik ruang yang baik.

  1. Standar Peralatan Studio


  2. Standar peralatan studio merupakan hal mendasar yang harus dipenuhi oleh pengusaha rental studio musik. Standar umum seperti kelengkapan instrument, amplifier, sound monitor, mixer etc. tidak boleh terlewat.

    Tujuan musisi datang ke rental studio adalah untuk melatih performance permainan musik mereka, sebagian ada yang hanya melakukan latihan reguler atau sekedar menyalurkan hobi, sebagian lainnya untuk mempersiapkan penampilan di atas panggung.

    Sebagai contoh, seorang gitaris tentu akan sangat diuntungkan jika amplifier gitar di studio tempat berlatih serupa dengan amplifier di panggung, mereka tidak perlu berspekulasi akan sound gitar yang dihasilkan dari jenis/merk amplifier yang berbeda.

    Menanggapi hal ini, alangkah baiknya untuk sedikit melakukan riset secara umum tentang jenis dan merk peralatan musik yang paling sering digunakan di atas panggung untuk menentukan pilihan peralatan yang kita sediakan di studio musik.

    Selain masalah di atas, berkembangnya teknologi dan kreatifitas bermusik melahirkan musisi-musisi elektronik yang banyak membutuhkan sound output untuk instrumen musik elektronik mereka di dalam studio musik. Bayangkan jika musisi elektronik tidak mendapatkan output yang cukup dan baik, studio musik akan kehilangan satu pangsa pasar yang cukup menjanjikan saat ini.

    Kesimpulan
    • Pelajari secara detail standar perlengkapan musik yang dibutuhkan studio musik
    • Riset peralatan yang paling sering digunakan di panggung untuk menentukan peralatan di studio musik. Diutamakan ampliefier gitar dan bass yang paling sering menjadi perhatian konsumen. Untuk instrumen, lakukan riset tentang keyboard yang populer dan umum digunakan.

  1. Perawatan


  2. Jika semua tips di atas sudah terpenuhi jangan senang dulu, masih ada tantangan yang paling berat dalam menjalani usaha ini. Ya, turunnya kualitas peralatan menjadi masalah yang sering dikeluhkan para pengguna jasa rental studio musik. Tak heran jika rata-rata studio baru selalu ramai pelanggan, konsumen selalu tertarik dengan peralatan yang masih baru.

    Banyak studio musik yang membiarkan hal ini terjadi dengan beragam alasan. Di antaranya, karena faktor keuangan yang tidak memadai untuk menyisihkan biaya perawatan, bisa juga karena memang pemilik studio tidak sadar pentingnya menjaga kualitas peralatan musik ini.

    Sebab dari penurunan kualitas ini bisa diakibatkan oleh beberapa hal, di antaranya konsumen yang terlalu bersemangat memainkan alat musik dan faktor umur dari peralatan tersebut. Peraturan yang tertempel di dalam studio sudah cukup baik untuk meminimalisir kerusakan alat musik, namun tidak cukup untuk mengatasi masalah umur alat musik.

    Kesimpulan
    • Lakukan anggaran keuangan yang matang sehingga usaha rental studio musik masih dapat menghasilkan profit.
    • Alokasikan anggaran biaya perawatan alat musik yang cukup besar, dengan begitu peralatan studio musik Anda akan selalu fresh dan itulah yang dicari konsumen.

Kelima tips di atas dihasilkan dari pengalaman para musisi yang biasa menggunakan jasa rental studio musik. Sejauh ini harga sewa belum terlalu mempengaruhi perilaku konsumen rental studio musik, selama harga masih dalam range yang masuk akal.

Kita sadar betapa penting keberadaan rental studio musik yang menjadi wadah untuk melahirkan musisi-musisi handal di masa mendatang, jadi mulailah kembangkan rental studio musik Anda demi kemajuan musik Indonesia. Selamat mencoba.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel