Recommended Music : Ellie Goulding "Bright Lights" - The Next Big Thing

Recommended Music : Ellie Goulding
Recommended Music : Ellie Goulding
Sepanjang tahun 2011 hingga 2013 ini banyak penyanyi wanita hebat yang menyita perhatian dunia berbekal karakter suara dan hits mereka. Nama-nama seperti Adele dan Taylor Swift bahkan berhasil meraih penghargaan di ajang Grammy Award.

Namun ada satu penyanyi yang semenjak awal kemunculannya, membuat saya tergila-gila. Baik dari karakter suaranya yang unik, maupun konsep musik yang diusung. Elena Jane Goulding atau lebih dikenal dengan nama Ellie Goulding.

Wanita berumur 26 tahun, yang semenjak kecil aktif di choir gereja ini tidak hanya mempunyai kelebihan di bidang vokal. Ia juga piawai dalam memainkan gitar bahkan clarinet. Kemampuannya dalam menulis lagu menjadikannya tidak hanya sebagai artis penyanyi. Tapi lebih jauh sebagai musisi berbakat.

Didukung paras yang cantik, Ellie tidak mengikuti jejak solois lainnya untuk mengejar popularitas melalui musik pop komersil maupun dance-house yang sekarang sedang menjamur. Meskipun mengusung musik pop dan nada vocal yang catchy, namun kemasan dan konsep musik wanita ini terbilang sangat berani dan idealis.

Penggunaan elemen elektronika dan layer effect sound  menjadi daya tarik tersendiri dari lagu-lagu solois ini. Suara serak dan vibra yang unik adalah karakter utama dari vokal Ellie Goulding. Di beberapa lagu, ia bernyanyi sekaligus memainkan gitar akustik. Di tengah hiruk pikuk musik pop mainstream, karakter vocal dan konsep musik idealis Ellie Goulding terdengar sangat fresh dan intriguing

Recommended Music : Ellie Goulding
Recommended Music : Ellie Goulding

Tahun 2010 single “Lights“ menempati lima besar Billboard Hot 100 Chart. Goulding kemudian memenangkan poling BBC Sound of 2010 sebagai artis pendatang baru terbaik. Tidak cukup sampai disitu, Ellie dipercaya untuk tampil di acara resepsi pernikahan Pangeran William dan Kate Middleton di istana Buckingham. 

Jika saya harus mendeskripsikan album Ellie Goulding-Bright Lightsdalam 3 kata, maka unique, catchy dan intriguing adalah kata yang paling tepat.

Guns and Horses    Jangan tertipu dengan petikan gitar akustik di awal track. Sekilas terdengar berirama Pop-Folk, namun ketika memasuki reff, elemen elektronika dan beat yang tight akan membuat atmosfer lagu menjadi sangat berbeda.

Walaupun tidak terlalu dominan, sound synthesizer pada reff menambah warna dalam lagu ini. Telinga anda akan digelitik oleh sound stereo dari synthesizer dan elemen lainnya yang menari-nari di kiri dan kanan.

Begitu pula ketika memasuki ending lagu. Suara clap, backing vocal dan bass bersahutan mengiringi suara serak Ellie Goulding. Lagu yang terdengar simple dan catchy, namun dikemas dengan aransemen dan sound yang menarik.


Starry Eyed    Sangat menarik ketika menyimak petikan gitar akustik dan piano berbaur dengan dominasi sound elektronika. Aransemen musik sangat kaya akan sound yang variatif. Penggunaan efek vokal seperti reverse dan repeat, beat drum machine dengan tempo up tidak menghilangkan unsur pop yang catchy. Materi yang mudah dinikmati namun dibalut oleh musik modern membuat lagu ini dinamis dan berwarna.  


This Love    Materi pop-ballad masih tidak meninggalkan elemen petikan gitar sebagai dasar. Sehingga walaupun didominasi oleh synth, namun anda tidak akan kesulitan ketika mencoba memainkan menggunakan gitar maupun piano.  
Faktor sound piano, gitar dan vocal Ellie yang luar biasa di lagu ini, menciptakan nuansa lebar dan epic. Atmosfir lagu saat verse yang gelap dan dramatis berubah menjadi bright ketika memasuki reff. kombinasi bass dan drum yang groovy menambah atraktif lagu ini.


Ellie Goulding telah membuktikan bahwa musik dan karakter suara yang mendobrak mainstream tidak melulu harus kehilangan unsur catchy.

Mari berharap album kedua Goulding bertajuk “Halcyon” yang rilis oktober tahun lalu mampu menembus pasar yang lebih luas.

More Info: elliegoulding.com