Music Tutorial: Panduan Membaca Diagram Kord Gitar

Bagi yang baru mempelajari instrumen gitar tentunya masih membutuhkan informasi berbagai jenis kord gitar sebagai sarana latihan. Informasi kord-kord gitar dapat dengan mudah kita temukan di internet, biasanya kord-kord tersebut ditampilkan dalam bentuk gambar yang menampilkan diagram sebagai ilustrasi kord gitar. Untuk contoh berikut ini adalah gambar diagram kord gitar.


Untuk membaca diagram tersebut kita perlu mengetahui bagian-bagian dari gitar itu sendiri. Sesuai kedua gambar kord di atas akan dijelaskan bagian-bagian yang penting untuk diketahui.


String/Senar

Senar gitar normal jumlahnya adalah 6 buah di mana senar 1 dimulai dari senar yang paling bawah hingga senar 6 yang paling atas.

Guitar String
String/Senar Gitar

Setiap senar memiliki nada dasarnya masing-masing pada tuning gitar standar, yaitu:
  • Senar 1 = Nada E / Mi
  • Senar 2 = Nada B / Si
  • Senar 3 = Nada G / Sol
  • Senar 4 = Nada D / Re
  • Senar 5 = Nada A / La
  • Senar 6 = Nada E / Mi

Fret

Fret adalah bagian gitar di mana jari-jari kita menekan untuk membentuk sebuah kord. Jumlah fret pada setiap gitar berbeda-beda antara satu gitar dengan gitar lainnya, pada gitar akustik umumnya fret yang dapat dijangakau adalah 12 fret, sedangkan pada gitar elektrik hingga 24 fret.

Music Tutorial: Guitar Fret
Fret Gitar
Setelah mengetahui secara jelas bagian-bagian penting pada gitar, tentunya akan lebih mudah membaca diagram kord. Sebagai contoh aplikasi diagram kord C major pada gitar lihat gambar berikut ini.



Keterangan:
  1. Senar yang diduduki oleh lingkaran berwarna orange adalah senar yang dibunyikan dengan cara Strumming/'genjreg' maupun dipetik. Sebaliknya tanda X pada gambar berarti senar tidak boleh bunyi saat memainkan gitar dengan kord tertentu.
  1. Angka pada lingkaran berwarna orange menunjukan jari yang digunakan untuk menekan senar pada fret tertentu.

  2. 1 = Jari Telunjuk
    2 = Jari Tengah
    3 = Jari Manis
    4 = Jari Telunjuk
  1. Terdapat lingkaran berwarna orange yang tidak memiliki angka di dalamnya yang berarti jari tidak perlu menekan lingkaran ini. Keberadaan lingkaran ini dapat dipastikan selalu berada di luar fret sehingga tidak perlu ditekan.
Selamat Mencoba

PS: 
Untuk mempermudah pengertian disarankan untuk membaca tutorial ini dengan memegang instrumen gitar. 

Untuk yang bermain gitar dengan tangan kidal dapat membalik arah dari gambar.  


Guitar Chords

C   -   C#/Db   -   D   -   D#/Eb   -   E   -   F   -   F#/Gb   -   G   -   G#/Ab   -   A   -   A#/Bb   -   B

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel