Music Tutorial: Tips Bermain Gitar Pemula & Guitar Chords


Instrumen Gitar merupakan salah satu alat musik yang paling populer, tidak hanya karena mudah dibawa ke mana-mana alat musik ini pun tidak memerlukan listrik untuk memainkannya (gitar akustik). Gitar dapat menjadi alat hiburan di manapun kita berada. 

Melihat beberapa keunggulan gitar dibandingkan dengan instrumen lainnya, kali ini kami akan memberikan sedikit tips yang berguna bagi yang ingin mencoba memulai belajar gitar.

Tips:

1.     Pelajari kord-kord (Chords) dasar.

Untuk mengawali hobi bermain gitar kita dapat memulai dengan mempelajari kord-kord dasar seperti kord C, D, E, , F, G, A, B. Setelah familiar dengan bentuk kord-kord tersebut cobalah membiasakan jari-jari kita membentuk kord-kord tersebut pada gitar.

Setelah jari sudah berada di tempat yang benar cobalah untuk ‘genjreng’ gitar, apakah suara terdengar enak? tidak perlu khawatir jika suara gitar belum terdengar sempurna, hal ini dikarenakan jari tangan kiri (kidal: tangan kanan) anda belum terbiasa menekan senar.

Latihlah menekan senar dengan sempurna, pastikan jari anda menekan HANYA senar pada fret sesuai kord yang kita latih. Ini adalah proses awal untuk belajar gitar, latihan ini tidak memakan waktu cukup lama jika kita rutin berlatih. Peringatan, hentikan sementara jika jari sudah mulai terasa sakit karena jika jari terluka justru akan menghambat perkembangan latihan gitar kita.

2.     Latih perpindahan kord.

Setelah jari sudah mulai terbiasa membentuk kord-kord dasar langkah selanjutnya adalah berlatih melakukan perpindahan dari kord satu ke kord lainnya. Latihan ini dapat dilakukan dengan mencari lagu dengan kord-kord yang sederhana. Sebagai contoh lagu Burung Kakak Tua dengan kord C – G – F, latihlah variasi perpindahan kord tersebut sambil bernyanyi.

3.     Tambah tingkat kesulitan.

Burung Kakak Tua sudah mahir? lanjutkan mencari lagu lain dengan variasi kord yang lebih banyak. Dengan begitu kita akan menambah perbendaharaan kord yang terdiri dari kord major, minor dan masih banyak lagi.


Sekali lagi perlu diingat, hentikan latihan untuk sementara jika jari terasa sakit dan lanjutkan jika sudah mulai pulih. Rasa sakit yang timbul ini diakibatkan jari anda belum terbiasa menerima tekanan dari senar gitar, saat itu juga jari sedang melakukan proses penyesuaian dengan tekanan senar tersebut, di waktu inilah kita harus segera beristirahat menunggu jari pulih dari rasa sakit, jika latihan dilanjutkan dikhawatirkan malah akan membuat jari anda terluka sehingga kita tidak dapat berlatih rutin. LEBIH BAIK BERLATIH SEBENTAR NAMUN SERING (EX: RUTIN SEHARI SATU KALI SELAMA 30 MENIT) DARIPADA LAMA NAMUN JARANG (EX: 5 JAM SEMINGGU SEKALI)

Demkian tips untuk berlatih bermain gitar bagi pemula dan di bawah ini adalah beberapa kord dasar yang berguna sebagai acuan latihan gitar Anda:

Guitar Chords

C   -   C#/Db   -   D   -   D#/Eb   -   E   -   F   -   F#/Gb   -   G   -   G#/Ab   -   A   -   A#/Bb   -   B