Focusrite Scarlett 2i4, USB Audio Interface


Setelah bahas secara umum tentang Focusrite Scarlett 2i4 di posting sebelumnya, nah mumpung sekarang saya pakai Focusrite Scarlett 2i4, yuk coba kita bahas secara mendetail tentang Focusrite Scarlett 2i4 ini :D

Saat pertama kali melihat Focusrite Scarlett 2i4 mungkin akan langsung terbayang dengan Focusrite Scarlett 2i2. Yup! memang Focusrite Scarlett 2i4 memang sekilas sangat mirip dengan Focusrite Scarlett 2i2, namun agak sedikit lebih besar apa bila disandingkan

 Focusrite Scarlett 2i2 (atas) dan Focusrite Scarlett 2i4 (bawah)


Didalam box anda akan menemukan :
  • Unit Focusrite Scarlett 2i4
  • Kabel USB
  • Kartu Garansi (1 tahun service & 6 bulan sparepart)
  • Petunjuk untuk mendownload driver
  • Petunjuk untuk mendownload software Focusrite scarlett plugins dan Ableton live lite gratis
  • Buku pentunjuk / manual





Seperti yang pernah saya tulis pada artikel sebelumnya, Focusrite Scarlett 2i4 memang memiliki fitur yang hampir mirip dengan Focusrite Saffire 6 USB, namun sebagai penerusnya, tentu saja Focusrite Scarlett 2i4 memiliki keunggulan-keunggulan yang tidak terdapat di Focusrite Saffire 6 USB.

Focusrite Scarlett 2i4 memiliki buah 2 input, yang dimasing-masing memiliki High Quality Preamp dari Focusrite (Two award-winning Focusrite preamps). Tidak hanya itu, masing-masing channel input memiliki Pad button atau tombol Pad yang dapat memberikan anda keleluasaan dalam hal gain hingga 10dB.



Apakah hanya itu? Tentu tidak, Focusrite tidak lupa juga memberikan Inst Switch (Instrument Switch) yang dapat anda pilih (antara line dan inst). Gunanya adalah sebagai pengganti DI Box, apa gunanya DI Box? Coba baca saja artikel saya yang berjudul Apa fungsi dan kegunaan DI Box / Direct Box.

Tidak lupa juga,  Focusrite Scarlett 2i4 memiliki phantom power yang biasanya digunakan untuk microphone condenser anda.


Input Channel Focusrite Scarlett 2i4 dapat menggunakan Jack TS / XLR, jadi bisa combo mau pilih pakai koneksi instrument / line biasa (TS) atau koneksi mic yang biasa disebut canon (XLR). Untuk mendapatkan Phantom Power, tentu saja anda harus menggunakan koneksi XLR.


Yang seru di Focusrite seri Scarlett yaitu adanya LED signal halos, apabila mencapai peak, LED akan berubah warna menjadi merah. Dan apabila berwarna hijau, berarti masih aman.. lanjutt...


Focusrite Scarlett 2i4 memiliki 4 output RCA yang dua diantaranya juga memiliki koneksi TRS balance, jadi sangat cocok sekali untuk produce musik maupun live untuk para DJ.


Fitur-fitur lain yang tidak kalah penting yaitu adanya koneksi MIDI in/out. Juga Direct Monitor yang dapat di setting Mono maupun Stereo. Besarnya monitoring antara Direct Monitoring dan Playback juga dapat disesuikan sesuai kebutuhan. Tidak kalah penting yaitu pemilihan Headphone Source, jadi anda bisa memilih mau memonitoring dari output channel 1-2 atau 3-4 lewat headphone. Wow!! sepertinya dibanding dengan audio interface dengan harga sejenis, Focusrite Scarlett 2i4 ini mungkin memiliki fitur yang paling lengkap :D

Untuk penampilan, bentuk dan finishing yang sangat oke banget, pokoknya dibawa-bawa manggung live untuk band ataupun DJ gk akan malu-maluin, di balut dengan alumunium berwarna merah dan warna hitam yang sangat futuristik,  juga tekstur yang tidak licin saat digenggam merupakan nilai plus dari Focusrite Scarlett 2i4 :D

Focusrite Scarlett 2i4 juga dibekali dengan software yang mungkin anda sudah tahu, yaitu Ableton Live Lite dan Focusrite scarlett plugin.

Cara pemakaiannya pun simple, tinggal colok saja via USB (tanpa perlu adaptor lagi), lalu install Driver yang bisa anda download di Sini, Pada DAW / Sequencer, tinggal diganti Driver nya ke Focusrite USB 2 Driver.

Untuk output tinggal pilih, mau lewat RCA ataupun TRS, pada contoh gambar, saya memakai jack TRS balance.




Untuk input pun mudah, apabila ingin menggunakan gitar / bass tinggal colok via jack TS lalu switch nya diganti ke Ints. Dan untuk vocal (mic condenser), tinggal colok via XLR canon, lalu menghidupkan phantom powernya.


Apabila source audio gain nya terlalu besar dan menyebabkan peak (lampu lingkaran LED menjadi merah) walaupun knob gain sudah di kecilkan, saatnya tombol pad beraksi, maka anda akan mendapatkan keleluasaan lagi sekitar 10dB.


So, kesimpulannya adalah Focusrite Scarlett 2i4 adalah USB Audio Interface yang mungkin unggul didalam kelasnya, dari fitur hingga spesifikasi. Penampilan pun terlihat solid dan menawan karna tekstur dan warna cerah yang ditawarkan. Focusrite Scarlett 2i4 sangat cocok bagi anda yang ingin merekam di rumah dengan kualitas professional dan juga sangat cocok untuk para DJ untuk dibawa dalam live perform.

Informasi lebih lengkap dari Focusrite Scarlett 2i4 bisa anda lihat di Focusrite Scarlett 2i4

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel