Digital Music Software Semakin Memudahkan

 
Perkembangan zaman yang tumbuh dengan pesat telah membawa kita pada era digital yang memberikan kemudahan-kemudahan dalam menjalani hidup dari berbagai aspek. Semua serba digital dari mulai membaca koran secara digital hingga belanja secara digital.

Hal ini juga berpengaruh bagi para musisi dan para pencipta lagu yang semakin dimudahkan untuk berkarya dengan hadirnya software-software music digital yang disebut Digital Audio Workstation (DAW) untuk menciptakan sebuah lagu. DAW berfungsi sebagai pengganti studio konvensional di mana di dalamnya tersimpan banyak peralatan recoding dalam bentuk digital plug-in yang kualitasnya tidak kalah dengan peralatan rekaman asli (hardware).

Perkembangan software digital semakin hari kian memberikan kemudahan dalam pengoperasiannya sehingga dengan sedikit panduan saja seseorang sudah mampu mengoperasikan software musik tersebut. Selain itu software musik ini juga berguna bagi para pemula yang ingin belajar menciptakan sebuah lagu karena dapat membantu perencanaan pembuatan sebuah lagu, mendesain ulang sebuah lagu dengan cepat, bahkan bisa jadi sumber inspirasi karena banyaknya instrumen-instrumen musik virtual yang tersedia.

Dapat menguasai DAW bisa juga menjadi jawaban bagi band-band baru yang berencana membuat demo lagu dengan budget yang minim. Dengan sedikit mempelajari basic pengoperasian dan sedikit investasi untuk alat-alat pendukung software musik ini tentunya sebuah band bagaikan memiliki studio rekaman sendiri tanpa harus mengeluarkan kocek setiap ingin merekam demo lagu mereka.

Fleksibilitas juga bisa didapatkan dengan menguasai software musik digital ini. Kita dapat merekam kapanpun dan di manapun berada menggunakan laptop. Pengeluaran pun bisa diminimalisir tanpa harus membuat studio berperadam dengan biaya yang mahal. Biasanya ruangan dengan peredam digunakan untuk recording drum dan hal ini bisa digantikan dengan menggunakan software drum digital yang tersedia. Keuntungan-keuntungan tersebut bisa menjadi nilai tambah bagi para pengguna software musik, walaupun untuk projek yang lebih serius diwajibkan menggunakan standar rekaman seperti peredam dan komputer desktop standar recording.

Beberapa digital audio workstation yang populer di antaranya adalah Pro Tools, Cubase, Cakewalk, Ableton, Fruityloops dsb. Software-software tersebut memiliki esensi yang sama namun tentu memiliki keunggulan dan kekurangannya masing-masing. Untuk software profesional bisa menggunakan Pro Tools yang biasa digunakan oleh artis-artis ternama di dunia, namun karena Pro Tools adalah software profesional tentunya tidak cocok bagi pemula yang baru ingin belajar karena kompleksitas pengoperasiannya. Bagi pemula bisa dimulai belajar membuat lagu dengan Fruityloops. Fruityloops memiliki tampilan yang sederhana dan mudah dipahami namun fitur-fitur standar profesional tidak tersedia di program ini.

Bagi kita semua yang memiliki hobi bermusik dan ingin mewujudkan kreatifitas menjadi berwujud, bisa memulai mencoba beberapa software yang tersedia di pasaran. Selain hasrat bermusik menjadi lebih terpenuhi juga bisa menambah soft skill, jika serius soft skill tersebut bisa kita jual.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel