Focusrite Saffire 6 USB

Soundcard atau Audio interface adalah salah satu perlengkapan utama yang dibutuhkan untuk keperluan perekaman audio secara digital. Seperti yang sudah saya bahas pada artikel-artikel sebelumnya, walaupun komputer atau laptop sudah memiliki soundcard bawaan (onboard), namun soundcard tersebut tentunya tidak memiliki kualitas yang baik dalam hal merekam audio secara digital.

Beberapa kekurangan soundcard bawaan atau onboard adalah
  1. Kualitas untuk merekam suara kurang bagus, banyak nya noise yang sudah pasti mengalahkan suara yang ingin anda rekam. biasanya soundcard onboard hanya bisa merekam maksimal 16bit), coba saja dibandingkan dengan soundcard yang memang di tujukan untuk spesialis rekaman yang bisa merekam maksimal 24bit bahkan 32bit!. sample rate? biasa nya soundcard onboard mempunyai sampling rate yang kecil, 44,1Khz, walaupun ada yang lebih seperti 48Khz namun tetap saja soundcard tersebut tidak disarankan untuk dipakai rekaman) 
  2. Latency, atau beberapa orang menyebutnya delay. walaupun bisa di akali dengan driver ASIO4ALL namun tetap saja masih terasa latencynya. 
  3. Koneksi masih menggunakan jack 3,5mm Sedangkan instrumen musik pakai jack 1/4 atau kabel XLR atau kabel TRS.walaupun bisa diakali dengan extention, namun belum tentu extention tersebut malah membantu, bisa saja malah membuat hasil rekaman anda semakin tidak bagus. 
  4. Kualitas AD/DA converter yang tidak di peruntukan untuk rekaman professional

Yup, mau tidak mau apabila anda ingin merekam audio agar memiliki kualitas yang baik, tentunya anda harus memakai SoundCard atau Audio Interface khusus yang benar-benar diperuntukan untuk merekam audio secara digital.

Oke, dalam artikel ini, saya ingin mengenalkan salah satu Soundcard atau Audio Interface dari Focusrite, yaitu Focusrite Saffire 6 USB.

Kenapa harus Focusrite? Focusrite adalah produsen perlengkapan audio yang berasal negara Inggris. Focusrite sudah 30 tahun bergerak dibidang pre amp dan dikenal karena membuat terkesan banyak produser musik dengan berbagai produk preamp berkualitas tinggi.

Overview

Focusrite Saffire 6 USB adalah salah satu Audio Interface atau SoundCard yang dibuat oleh Focusrite. Focusrite Saffire 6 USB memiliki 2 channel input dan 4 channel output (2in / 4out)  dan memakai koneksi USB. Dengan kabel usb yang sudah include atau masuk kedalam paket penjualannya, Focusrite Saffire 6 USB bisa anda gunakan secara mudah instan yaitu langsung mengkoneksikan ke port USB yang tersedia pada komputer ataupun laptop, jadi tinggal colok, dan siap untuk rekaman :D

Ada 2 (dua) port combo yang bisa digunakan, yaitu jack ¼ TRS/TS atau pun XLR yang memiliki Preamp (jadi didalamnya sudah build in preamp!) tanpa membutuhkan DI Box. Port ini juga dapat mengaktifkan phantom power, pad, ataupun mode instrumen (dengan menekan tombol aktivasinya). hal ini tentu saja dapat memangkas budget anda karna anda tidak perlu membeli terpisah pre amp dengan phantom powernya yang dibutuhkan jika anda menggunkan microphone condenser. So pasti... hemat beib :p

Saffire 6 USB Front Panel (atas) & Saffire 6 USB Rear Connections (bawah)

Focusrite Saffire 6 USB juga mempunyai port MIDI in dan juga Midi out yang tentu saja memudahkan anda untuk merekam (virtual instrument) secara instan dimana saja. Jadi bagi anda yang memiliki MIDI Controller, sudah pasti Soundcard atau Audio Interface ini bisa di ajak untuk manggung.. Bayangkan, tinggal bawa laptop, soundcard Focusrite Saffire 6 USB, dan MIDI Controller anda, anda bisa memakai berbagai virtual instrument maupun sample untuk keperluan panggung anda... terlebih lagi karena outputnya yang 4 channel, anda bisa berkreasi untuk mem"play" sample atau virtuall intrument anda pada masing-masing channel.. mantab!

Key features

Two award-winning Focusrite preamps
Focusrite Saffire 6 USB adalah salah satu Audio Interface di kelasnya (dengan harga yang sama dengan produk merek lain). Terlebih lagi karena didalam soundcard atau audio interface ini, anda dapat menemukan preamp asli dari Focusrite yang terkenal karena "award-winning" dalam dunia per-preamp-an.


Ultra-reliable and easy to set up
Baru ingin memasuki dunia perekaman Audio? Jangan khawatir.. karena memakai Focusrite Saffire 6 USB ini sangatlah mudah! jadi anda tinggal berkosentrasi dengan audio yang ingin anda rekam dan playing back nya. Dan tentu saja Focusrite Saffire 6 USB ini termasuk kedalam "USB Mobile Audio Interface" atau bisa digunakan dimana saja, termasuk disaat diatas panggung :O

High-quality 24-bit USB interface
Bit rate standart minimal untuk perekaman audio saat ini adalah 24bit, jadi dengan Focusrite Saffire 6 USB anda sudah dapat merekam audio atau lagu anda dengan kualitas professional yang siap untuk di mixing dan mastering dan packaging layaknya standart industri musik saat ini.

Ready for DJs
Disk Jockey Player? Sudah tentu Focusrite Saffire 6 USB bisa digunakan untuk anda yang berprofessi sebagai DJ Player. Dengan 4 RCA output, Headphone output yang memiliki kualitas high level dan class-leading digital converter performance membuat Focusrite Saffire 6 USB sangat ideal sebagai interface untuk Laptop DJ.


Xcite+ Software Bundle
Di dalam paket penjualan Focusrite Saffire 6 USB anda akan diberi software soft-synth beserta Ableton Live Lite 8 dan berbagai royalty-free loops dan samples. Mantab!


Focusrite VST/AU Plug-in Suite, for use in the mix
Tidak cukup dengan software, loops dan sample yang diberikan diatas? Di dalam paket penjualan Focusrite Saffire 6 USB anda juga akan mendapatkan berbagai plugins untuk mixing! Focusrite Compression, Reverb, Gating and EQ VST/AU plug-ins.


Mau lihat Overview dari Focusrite Saffire 6 USB? Monggo silahkan. Awas ngiler :p


BERMINAT UNTUK MEMBELI PRODUK INI ATAU SEKEDAR BERTANYA-TANYA?

Untuk membeli, mengetahui harga, deskripsi, hingga spesifikasi lengkap Focusrite Saffire 6 USB
Anda dapat mengujungi Toko Distrosi


Anda juga bisa bertanya-tanya atau berkonsultasi tentang hardware untuk keperluan audio di toko kami tersebut :)

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel