24 video tutorial steinberg nuendo dari Musiktek

Mungkin kawan-kawan sudah banyak mengetahui apa itu software steinberg nuendo. Yup DAW atau Digital Audio Workstation buatan Steinberg yang saat ini sangat di gandrungi oleh banyak sekali Sound Engineer atau Operator rekaman. Fitur yang melimpah namun tetap User Friendly membuat Steinberg Nuendo di pakai dibanyak studio rekaman, mulai dari studio didalam rumah hingga studio professional. Termasuk saya, sebelum saya memakai Steinber Cubase 5, saya terlebih dahulu memakai Steinberg Nuendo 2 kira-kira 2 atau 3 tahun lalu, lalu berganti dengan Nuendo 3. Setelah memakai Steinberg Nuendo 3 saya baru jatuh hati dengan Steinberg Cubase 5. Jadi samapai saat ini saya belum sempat mencicipi Steinberg Nuendo 4 :( .

Saat ini saya ingin berbagi Video tutorial steinberg nuendo yang di buat oleh bapak Agus Hardiman, Sang pemilik dan pendiri sekolah musiktek dan juga pemilik beberapa situs yang relevan dengan dunia Audio diantaranya www.MusikTek.com, www.KursusAudio.com, dan juga www.StudioMusikTek.com.

Dengan banyak video dibawah ini, anda akan disuguhi dengan berbagai tutorial, tips dan trick tentang penggunaan Steinberg Nuendo. Oh iya, sekali lagi, Video ini bukan buatan saya, jadi seluruh credit akan dipersembahkan untuk bapak Agus Hardiman, yang sedikit banyak mengajarkan saya tentang dunia Audio melalui situs nya. Thx pak Agus, saya ingin sekali bersekolah di Musiktek, namun apa daya, biayanya tidak pas dengan budged saya :(. Namun apabila ada kesempatan, mungkin saya akan bersekolah disana pak (ngomong sendiri malah).

Walaupun tutorial ini menggunakan Steinberg Nuendo, namun tetap bisa di adaptasi di Steinberg Cubase kok :)

1. Setting MIDI dan Driver Audio



2. Setting Input dan Output Bus



3. Project Management



4. Komponen Layar Nuendo



5. Jenis jenis Track Nuendo



6. Fasilitas Transport Panel



7. Event, Part & Setting Snap Nuendo



8. Parameter Track Nuendo



9. Editing Tool Nuendo Part 1/3



10. Editing Tool Nuendo Part 2/3



11. Editing Tool Nuendo Part 3/3



12. Mengatur Metronome



13. Merekam Data MIDI



14. Virtual Guitarist Part 1/2




15. Virtual Guitarist Part 2/2



16. Virtual Bassist Part 1/2



17. Virtual Bassist Part 2/2



18. Groove Agent sebagai Virtual Drummer Part 1/2



19. Groove Agent sebagai Virtual Drummer Part 2/2



20. Hypersonic sebagai Virtual Keyboardist



21. Editing MIDI Part 1/2



22. Editing MIDI Part 2/2



23. MIDI Quantize



24. MIDI Transpose