Software audio mastering - mengapa audio mastering sangat lah penting

Audio mastering mungkin menjadi salah satu hal yang penting dari sebuah produksi musik. Jika anda ingin me-mastering di rumah, yang anda perlukan adalah penguasaan software yang benar-benar baik. Mastering Audio sering kali di salah pahami sebagai proses Mixing, tetapi sebenarnya bukan seperti itu. Proses Mixing dan Mastering adalah proses yang terpisah dan berbeda. Lalu sebenarnya, apa itu mastering?

Mastering adalah sebuah langkah penting dari  produksi audio untuk membuat sebuah Audio CD berkualitas professional. Jadi setelah anda melakukan Mixing, langkah selanjutnya adalah proses Mastering

Mastering melibatkan sculpting, shaping, balancing level dan compressi dari track yang sudah di mastering. hal ini sangat penting untuk menciptakan kejelasan, volume, ketajaman lagu anda. Tanpa itu lagu anda tidak akan memiliki suara yang professional.

Bila anda memakai software untuk proses Mastering Audio, anda harus mengikuti langkah-langkah standart
1. Volume level maximization
2. Balance frequencies
3. Reduce setiap unnecessary noise (noise yang tidak diinginkan)
4. Encoding
5. Re-check untuk setiap errors.


Perangkat lunak yang Anda punya harus bisa melakukan langkah-langkah di atas, tetapi betapa mudahnya langkah-langkah tersebut tergantung pada desain user interface. Kebanyakan software audio editing menguasai spesialisasi dalam program audio, dan harus memiliki navigasi yang baik.

Semoga bermanfaat :)
Jangan lupa untuk berkomentar di box komentar Distorsi.net yah :)

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel