Home recording - sebuah revolusi musik modern

Home recording saat ini mungkin menjadi trend di kalangan musisi. Bagaimana tidak, musisi kini bisa mengkontrol musik mereka dan merekamnya sendiri di dalam rumahnya

Apa itu home recording?
Home recording adalah kegiatan seorang atau mungkin lebih, sound engineering untuk merekam, menyeting hingga memanipulasi sound / suara / bunyi, yang dikerjakan di sebuah rumah.

Mungkin terlintas di pikiran kita, bahwa home recording adalah sesuatu hal yang sederhana, apakah benar sesederhana itu?
Seperti yang kita tahu, saat ini kemajuan teknologi dan komputer berkembang begitu pesat. Dengan kemajuan tersebut harga-harga dari peralatan dan software rekaman menjadi begitu murah.

Bagaimana tidak, dahulu seseorang musisi bila merekam empat lagu misal nya, mereka harus mengeluarkan biaya yang tak sedikit jumlahnya. Malah mungkin dengan jumlah biaya yang sama, anda sudah mendapat perangkat lunak multi track recorder yang bisa merekam secara bersamaan 16 track, 32 track bahkan dengan jumlah track tak terbatas yang mungkin bisa mengalahkan kualitas suara dari empat lagu tadi.

DAW atau Digital Audio Workstation Workstation, adalah sebuah software atau perangkat lunak multi track recorder yang bisa merekam secara bersamaan 16 track, 32 track bahkan dengan jumlah track tak terbatas dengan kualitas 16bit, 24bit hingga 32bit.

Software / perangkat lunak DAW tersebut biasanya sudah include / ter-bundling plugins-plugins seperti reverb, flanger, delay, compressor, limitter, equalizer dan lain-lain.
Bahkan beberapa diantaranya sudah terdapat modul drum, looping tools, shynt instrument , samper dan lain-lain.

Begitu juga dengan hardware atau perangkat kerasnya. Mungkin anda sudah mendapatkan alat rekaman dengan biaya yang sama seperti anda membeli komputer dengan spesifikasi mid-end.

Lalu apabila saya sudah mempunyai alat dan software yang di butuhkan, apakah lagu saya akan meledak di pasaran dan akan di dengarkan banyak orang?? Tentu saja tidak, bagaimana pun anda harus belajar untuk menggunakannya, teknik produksi audio harus anda pelajari dan anda praktekkan agar menghasilkan audio dengan kualitas yang baik.

Dan juga, biasanya kita terlalu fokus kepada alat apa yang kita punya, bukan kepada teknik. Yang perlu anda tanamkan dibenak anda adalah bahwa kita perlu keduanya (alat dan teknik) untuk menghasilkan rekaman terbaik di dalam rumah. Jadi apabila kita mempunyai alat yang begitu canggih namun tidak bisa mempergunakan nya, maka kita tidak akan menghasilkan rekaman dengan kualitas yang maksimal.

Memang perlu kesabaran untuk memperlajarinya dan akan banyak sekali trial and error. Itu sangat-sangatlah normal, jadi jangan berkecil hati dahulu. Seiring dengan waktu mungkin nanti kita akan menemukan bahwa kita telah mempunyai home recording professional :D.

Mudah-mudahan kawan-kawan tidak pusing membaca postingan ini :)). Habis, saya menulis ini dalam keadaan ngantuk berat :(. Jadi susah berpikirnya :D. Ide saya menulis artikel ini sebenarnya dari artikel yang di buat oleh orang luar negeri, tapi lupa dari website yang mana :(. Ya pokok nya apa bila ada tulisan, judul hingga bahasa yang sama, kredit untuk orang yang menulis artikel yang saya baca tersebut :D.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel