Cara memindahkan plugins VST di slot insert steinberg cubase / nuendo

Tutorial yang saat ini saya tulis mungkin hanya tutorial sedehana atau basic dalam menggunakan steinberg cubase, yaitu bagaimana memindahkan plugins VST dari satu slot insert ke slot insert lainnya.

Gunanya untuk apa? Misalkan anda sudah telanjur memasukan / meng-insert plugins VST (contohnya guitarrig) di slot ke 1, dan ternyata sesudah itu, anda ingin / butuh meng-insert plugins lain yang routingnya harus sebelum plugins Guitar Rig (contohnya Compressor). Nah dari pada anda harus mengganti plugins pertama tadi (plugins Guitar Rig) dengan plugins Compressor, dan harus meng-insert kembali plugins Guitar Rig di slot ke 2, lebih baik anda langsung memindahkannya.

Bingung dengan penjelasan diatas?
Oke coba lihat penjelasan dibawah ini.

Di software recording steinberg cubase, anda akan menemukan slot insert pada masing-masing track sebanyak 8 slot (lihat gambar)

Nah disaat slot pertama kita insert plugins Guitar Rig, akan menjadi seperti gambar ini dibawah ini

Lalu ternyata anda harus atau butuh memasukan plugins lain seperti plugins Compressor sebelum plugins Guitar Rig. Sedangkan plugins Guitar Rig tadi berada di slot pertama dan tidak ada slot lagi sebelum slot yang tadi dimasukan Guitar Rig. Nah dari pada bongkar pasang plugins, lebih baik langsung di pindahkan bukan? Caranya yaitu, klik tombol tulisan/angka slot nya (tekan) lalu geser ke slot berikutnya seperti gambar dibawah ini (dalam contoh saya geser atau saya pindahkan ke slot nomor 2).

Sesudah itu barulah anda bisa mengisi plugins Compressor di slot nomor 1.

Mungkin tips ini tidak terlalu berguna apabila hanya satu plugins yang harus diganti / dipindahkan. Tapi kalau sudah lima plugins dan kelima-lima sudah disetting? Wah sudah pasti tips sederhana ini sangat berguna. Selain menghemat waktu, anda juga tidak perlu menyeting ulang plugins-plugins tersebut bukan?

Semoga bermanfaat, jangan lupa untuk berkomentar pada box komentar dibawah yah :D