Mengedit pitch vocal yang fals dengan Steinberg Cubase 5

Sebagai musisi maupun sound engineering dipastikan kita menginginkan sebuah lagu yang terekam dan siap dipublikasikan memiliki kualitas yang baik/bagus. Salah satu kualitasnya mungkin adalah tidak adanya note atau pitch yang tidak sesuai sebagai mana mestinya (fals). Dahulu kala (saat studio rekaman masih menggunakan pita) mungkin apabila ada pitch yang fals, musisi harus mengulangnya dari awal, atau bahasa inggrisnya Retake.

Walaupun sekarang akan lebih baik melakukan prosedur yang sama seperti diatas, namun apabila terpaksa seperti disaat musisi membawa materi lagu yang direkam sebelumnya di studio rekaman lain dan membawa materi tersebut ke studio kita, dan dibeberapa part/bagiannya (khususnya vocal) terdapat pitch yang fals, kita dapat mengakalinya dengan bantuan software.

Banyak software yang ditawarkan untuk urusan editing vocal, mulai dari celemony melodyne, antares auto tune dan lain sebagainya. Namun lagi-lagi software seperti tersebut merupakan pihak ketiga (VST), bukan bawaan DAW. seperti celemony melodyne, saat saya mencoba, jujur saja agak sedikit kesulitan memakainya, mungkin karena harus membuka window atau jendela (work space) baru untuk menggunakannya. Sedangkan untuk Antares Autotune, menurut saya agak kurang natural suaranya (seperti tercompress). Akan tetapi itu menurut saya yang baru dalam dunia audio rekaman :).

Nah, mungkin pabrik software audio steinberg menjawab keluhan serta keluhan saya diatas. Setelah beberapa lama menggunakan Steinberg Cubase 5 dan iseng-iseng untuk mengotak-atik, ternyata di dalam software Steinberg Cubase versi 5 ini terdapat fitur yang luar banyak dan sangat berguna, salah satunya adalah Vocal Editing and Pitch Correction. Nama fitur untuk editing vocal ini bernama VariAudio.

Oke, kita langsung saja mencoba untuk memakai fitur luar biasa ini.

Pertama kali, tentunya anda harus membuka software Steinberg Cubase 5 nya terlebih dahulu.
klik START --> All Program --> Steinberg Cubase 5 --> Cubase 5

Atau lebih mudahnya klik dua kali icon yang berada di desktop (shorcut)


Tunggu sebentar untuk loading (system dan plugins-plugins yang ada)

Dan setelah terbuka, akan tampak seperti screenshot dibawah ini

Bukalah sebuah project yang sudah ada


 Pilih lah sebuah project, lalu klik open


Tunggu hinggal loading selesai


Setelah terbuka, pilih salah satu track/bar vocal yang ingin di edit. dan klik dua (2) kali

Lalu klik gambar segitiga yang berada di samping tulisan Pitch & Warp

Dan anda siap untuk mengedit pitch vocal yang fals. 
Caranya dengan mengklik salah satu bar yang fals, dan turun atau dinaikan sesuai dengan pitch sebenarnya. notes (kunci seperti C C# D D# layaknya piano berada disamping kiri work space)



Berikut adalah video nya tentang cara penggunaanya yang lebih lengkap :)







Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel