Crossfade di steinberg cubase atau steinberg nuendo

Pernah tidak, suatu saat waktu rekaman, ditengah lagu sang player (entah guitar, bass ataupun lainnya) salah bermain kunci atau nadanya. Atau bahkan tidak ditengah lagu, kesalah itu terjadi akhir beberapa detik sebelum lagunya habis.Sedangkan si playernya sudah capek apabila harus mengulangnya dari awal, nah pada saat itulah fitur crossfade bekerja.

Fitur apa lagi tuh? hmmm... jujur saya agak sulit menjelaskan, pokok intinya adalah menggabungkan dua track (yang seharusnya satu track) agar tidak terasa sambungannya dan tidak menghasilkan suara klik ataupun pop.

Oke langsung saja kita ke prakteknya yah. sebagai contoh, saat ini saya sedang merekam bass, nah di tengah-tengah ternyata sang bass player lupa kunci nya dan mainnya pun salah (fals). Agar tidak mengulang, pertama potong (atau ditarik), didalam contoh, kunci yang salah adalah dua bar.




Potong menggunakan tool yang bergambar gunting (shortkey tekan angka 3 pada keyboard)


Setelah dipotong, duplicate track bass (agar settingannya sama)





Setelah di duplicate, hapus audio yang ada didalamnya (audio yang ada di track bass duplicate). Ingat, yang dihapus itu Audio nya, bukan track nya.


Setelah terhapus, si bass player kita suruh main (dan kita rekam) mengikuti lagunya dari bar sebelumnya (dari dua hingga empat sebelum bar yang tadi kita potong) apabila tadi kita memotongnya di bar 154 maka si bass player kita suruh main dari bar 150 atau sebelumnya (dan kita rekam), Kita merekamnya di Track Duplicate.




Setelah direkam, nanti kira-kira akan seperti ini

Terlihat kan ada dua bass track, cara menggabungkannya adalah memindahkan audio di track duplicate ke track bass yang asli (tapi sebelumnya kita harus memotong audio di track duplicate terlebih dahulu).


nah kira-kira akan seperti itu, lalu blok kedua track yang terpisah tersebut


dan kita crossfade (shortkey tekan X pada keyboard)


dan hasilnya kira-kira akan seperti ini

anda bisa bereksperiment berapa lama waktu yang di crossfade dengan menggeser belahan audio tersebut.

apabila masih binggung dengan penjelasan acak kadul saya :p, anda bisa melihat video yang berda di bawah ini





































Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel